Home Hiburan Lestarikan Budaya dan Kesenian, Pegiat Wisata Belajar Tari Semarangan

Lestarikan Budaya dan Kesenian, Pegiat Wisata Belajar Tari Semarangan

Lestarikan Budaya dan Kesenian, Pegiat Wisata Belajar Tari Semarangan

Semarang, 9/12 (BeritaJateng.net) – Melestarikan budaya dan kesenian, puluhan anggota Pegiat Wisata belajar tari dan gamelan di Gedung Kesenian Sobokarti, Kamis (8/12).

Menurut Koordinator Pegiat Wisata gus Wahid, kegiatan ini digelar rutin setiap bulan. Untuk kali ini, pihaknya mengajak anggota sekaligus masyarakat untuk belajar menari simpel sekaligus belajar gamelan.

“Jika biasanya kami menggelar diskusi, kini kami mengajak semua orang untuk beljar dua seni tradisional ini,” terangnya.

screenshot_2016-12-08-18-15-23_1Dijelaskan, kegiatan ini sengaja digelar Sobokartti. Pasalnya, gedung ini memiliki sejarah erat dengan perkembangan Semarang.

Selain dibangun oleh arsitek Belanda Thomas Karsten, bangunan ini juga mengakomodir kepentingan seni modern dan pribumi pada masanya. Dan sejak ditetapkan sebagai cagar budaya, pegiat seni di sini terus menggelorakan semangat uri-uri budaya Jawa.

“Dengan demikian, mungkin ada anggota atau biro travel yang berkeinginan menjual paket wisata di sini karena mereka memang secara rutin telah berkesenian dan mengajarkan tari kepada warga,” tukasnya.

Pengelola Gedung Kesenian Sobokarti Atmo Prabu menegaskan jika pihaknya memang secara konsisten menggelar seni budaya Jawa. Selain pelajaran tari, juga gamelan dan juga pedalangan.

Selain itu, pihaknya juga berupaya melestarikan bangunan cagar budaya dan mengajarkan prinsip pelestarian. “Sesuai ketentuan, kami tidak ingin merusak bangunan yang telah berusia lebih dari 100 tahun ini. Menjaga bangunannya sekaligus nguri-uri budayanya,” imbuhnya.

Ditambahkan, pihaknya menyambut baik setiap komunitas seni budaya, maupun pariwisata yang berkeinginan belajar seni budaya di tempat ini. (Bj/EL)

Advertisements