Home Hiburan Lembah Harau Surga Bagi Para Petualang

Lembah Harau Surga Bagi Para Petualang

891
Lembah Harau Surga Bagi Para Petualang.

Kabupaten Limapuluh, 30/4/2016 (BeritaJateng.net) – Lembah Harau Merupakan sebuah ngarai yang diapit di antara dua tebing terjal. Objek wisata Sumatera Barat ini memiliki beragam pilihan lokasi wisata yang memiliki keindahan tersendiri, sehingga diminati oleh hampir seluruh wisatawan yang datang ke Sumatera Barat.

Lembah Harau terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Bagi anda yang hobi bertualang Lembah Harau ini, yang memiliki topografi daratan bergelombang dan berbukit. Anda bisa menjelajah beberapa bukit-bukit indah di sekitar kawasan Lembah Harau. Seperti Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang.

Pendaki gunung dan pemanjat tebing bisa memacu adrenalin di lembah Harau.
Pendaki gunung dan pemanjat tebing bisa memacu adrenalin di lembah Harau.

Hamparan Lembah Harau dikelilingi tebing-tebing batu berpasir yang cukup terjal. Belum lagi tebing-tebing granit yang menjulang dengan tinggi hingga 300 Meter. Tidak hanya itu, di kondisi alam Sumatera Barat yang subur, Anda bisa menikmati pemandangan hijaunya persawahan di antara tebing-tebing yang tegak lurus, beserta suasana alamnya yang sangat menakjubkan.

Anda akan mendapat pengalaman tak ternilai dengan mendaki hingga ke puncak tebingnya. Menghabiskan waktu menjelajah dan menaklukkan hutan belantara selama sekitar 6 jam. Namun jangan khawatir bagi Anda yang tidak ingin repot, tersedia akses yang lebih mudah. Yaitu dengan menyusuri jalur anak tangga, hingga tiba di bagian atas tebing. Di tempat ini, Anda dapat menyisir pemandangan dan menikmati keindahan alam Sumatera Barat dari ketinggian.

Air terjun di lembah Harau
Air terjun di lembah Harau

Selain pemandangan tebing-tebing yang menjulang dengan kokoh dan megah, Anda juga akan merasakan segarnya udara dan objek wisata alam lainnya di Lembah Harau. Anda bisa mengunjungi beberapa kawasan objek wisata alam, yang masing-masing akan membuat Anda merasa takjub. Seperti Air Terjun Aka Barayun, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Murni, dan Air Terjun Sarasah Aie Angek. Keempat wisata alam tersebut berada di kawasan Resort Sarasah Bunta. Tiap-tiap air terjun tersebut memiliki keistimewaan tersendiri.

Air Terjun Sarasah Aie Luluih mengalir di sisi dinding batuan, dengan kolam yang masih sangat alami di bagian dasatnya. Sedangkan saat menjelang siang, Air Terjun Sarasah Bunta akan terlihat sangat cantik ketika diterpa sinar matahari.

Di Air Terjun Sarasah Murai Anda bisa menikmati keindahan Burung Murai di sela-sela rerimbunan pohon, beserta merdu kicauannya. Sedangkan kawasan Air Terjun Sarasah Aie Angek masih relatif sepi. Walaupun terbilang unik, belum banyak pengunjung yang datang ke air tejun ini karena kawasan ini belum dibuka sepenuhnya sebagai obyek wisata. Di Air Terjun Sarasah Aie Angek ini, Anda bisa menikmati keindahan sekaligus kehangatan airnya. Karena air terjun ini memiliki satu keunikan, yaitu suhu air yang cukup hangat.

Pemandangan menakjubkan bisa dinikmati di track dan lintasan panjang.
Pemandangan menakjubkan bisa dinikmati di track dan lintasan panjang.

Setelah puas menikmati kelima air terjun tersebut, Anda masih punya dua lokasi untuk dijelajahi. Di Resort Aka Barayun Lembah Harau Anda bisa berenang di kolam renang, sembari menikmati suasana alam nan asri. Tempat ini juga potensial untuk olahraga panjat tebing. Bagi Anda yang masih ingin menghabiskan waktu lebih lama menikmati keindahan dan kemegahan Lembah Harau, di kawasan ini juga tersedia fasilitas berupa penginapan atau homestay. (Bj50)

Advertisements