Home Lintas Jateng Layanan Angkutan Motor Gratis PT KAI Mulai H-6

Layanan Angkutan Motor Gratis PT KAI Mulai H-6

image
Ilustrasi

Purwokerto, 28/6 (BeritaJateng.net)  – Seperti lebaran tahun sebelumnya, untuk angkutan lebaran tahun ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga membuka layanan angkutan motor gratis. Untuk arus mudik, layanan angkut motor gratis ini dibuka mulai H-6 hingga H-2 lebaran. Dan untuk arus balik, layanan angkutan motor gratis dimulai pada H+3 hingga H+7 lebaran.
           
Humas Daop V Purwokerto (Jateng), Surono, mengatakan, layanan angkutan motor gratis ini merupakan kerjasama PT KAI dengan Kementrian Perhubungan. Khusus untuk jalur lintas selatan, akan disediakan satu rangkaian KA khusus untuk mengangkut motor.
           
“Jadi angkutan motor gratis ini untuk arus mudik akan dimulai pada tanggal 11 Juli hingga 15 Juli 2015 dan untuk arus balik, mulai tanggal 21 Juli sampai 25 Juli 2015,” kata Surono, Minggu (28/6).
           
KA pengangkut motor ini akan menempuh jalur Jakarta – Solo, dengan membawa rangkaian 10 gerbong dan satu gerbong pembangkit (generator).  KA ini akan berhenti antara lain di Stasiun Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan dan Solojebres.

Stasiun- stasiun tersebut sudah ditentukan sebagai tempat bongkar dan muat angkutan motor gratis. Untuk Stasiun Kroya, sebagai tempat bongkar dan muat untuk masyarakat di area Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara hingga Wonosobo. Sedangkan stasiun Kutoarjo untuk masyarakat di area Kabupaten Purworejo, Kebumen, Magelang dan sekitarnya.
           
Sebagai perbandingan, untuk angkutan lebaran tahun lalu, di wilayah Daop V  stasiun bongkar muat motor gratis hanya dilakukan di Stasiun Kutoarjo saja. Dan tahun ini dibuka satu lagi, yaitu di Stasiun Kroya.
           
Surono menjelaskan, kapasitas satu gerbong KA bisa mengangkut 50 sepeda motor, sehingga dengan rangkaian 10 gerbong, maka setiap harinya ada 500 sepeda motor yang bisa diangkut melalui jalur selatan.
           
Sementara untuk pendaftaran angkutan motor gratis ini, sudah dibuka mulai tanggal 1 Juni lalu dan berakhir sampai 30 Juni mendatang untuk pendaftaran melalui online. Dan untuk pendaftar secara offline, dibuka mulai 10 Juni hingga 10 Juli 2015 di Stasiun Jakarta gudang Bekasi dan Kantor Kementrian Perhubungan Jakarta.
           
“Untuk penyerahan motor, pemilik harus menyerahkan sehari sebelum jadwal pengangkutan yang diikuti dengan membawa bukti pendaftaran dan STNK asli,” kata Surono. (BJ33)