Home Headline Launching Permatahebat.com, Tingkatkan Ekonomi Perempuan Rentan di Semarang

Launching Permatahebat.com, Tingkatkan Ekonomi Perempuan Rentan di Semarang

Semarang, 23/3 (BeritaJateng.net) Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak perempuan ikut berperan dalam peningkatan ekonomi keluarga dengan melaunching website Permatahebat.com.

Website Permatahebat.com merupakan salah satu media pemasaran usaha dan promosi produk-produk UMKM khususnya yang dimiliki perempuan kelompok rentan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) menjajal sendiri website Permatahebat.com dengan memesan kuliner dimsum. Dia mencoba langsung website tersebut, saat peluncuran Permatahebat.com tersebut, di Ruang Lokakrida, Gedung Moh Ihsan Lantai 8, Balaikota Semarang.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi melaunching website Permatahebat.com, Senin (22/3).

“Ini bagus, bisa pesan langsung lewat (aplikasi) whatsapp, langsung dikirim ke rumah saya. Kok tahu rumah saya ya, saya belum bilang padahal, hehe. Tapi ini sebuah terobosan pemasaran para perempuan yang berjualan,” kata Hendi.

Ia menegaskan, berjualan produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) itu pilihan terbaik. Kaum perempuan/ibu utamanya, sangat berpotensi besar memperbaiki perekonomian keluarga.

Pemerintah sangat memfasilitasi. Belum lagi banyak BUMN yang mengarahkan program CSR nya untuk pembinaan dan pengembangan UMKM.

“Daripada tidak melakukan apa-apa, mendingan jualan, iya kan. Jangan takut tidak punya modal, kalau mau cari jalan lain pasti bisa. Saya dulu itu jualan amplas di Kabupaten Jepara, modalnya Cuma Rp 5 Juta. Saat itu yang lain modalnya gede-gede. Karena kerajinan mebel di Jepara itu bagus, akhirnya saya jualan peralatan pendukung yang kecil-kecil. Jualan paku, lem, amplas, akhirnya bisa lebih besar,” ceritanya.

Hendi mengajak, pelaku UMKM agar tidak hanya sukses saat peluncurannya website-nya saja. Tapi bagaimana biar konsumen mau beli. Pihaknya meminta dinas-dinas dan banyak instansi agar memesan produk UMKM bila sedang menggelar acara.

“Teman-teman dari Ibu PKK, dan Kadin mari bantu sosialisasikan bagaimana pekerjaan kita ini,” jelas dia,

Lebih lanjut, dia berharap, para UMKM yang dibuat oleh para perempuan itu bisa menjaga kualitas. Sebab jangan sampai pelanggan yang memesan produk itu kecewa. Menjaga kepercayaan pelanggan itu prioritas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Kota Semarang, M Khadik, menguraikan pembuatan website itu untuk menaungi UMKM perempuan.

“Ada 1.650 perempuan yang dilatih atau binaan kami dari 2017. Yang ikut kegiatan peluncuran website ini ada 200-an rang di mana 100 offline, sisanya melalui menyaksikan secara daring karena protokol kesehatan Covid-19,” terang Khadik.

Dia menjelaskan, DP3A memiliki program yang mengarah pada para perempuan utamanya dalam kelompok rentan. Ini pemberdayaan kepada mereka yang kurang beruntung secara sosial.

“Data dari Dinas Sosial itu setidaknya ada 18 ribu an kepala rumah tangga perempuan. Ada perempuan dengan kondisi ekonomi kurang beruntung sebanyak 1.650 sudah dilatih wirausaha. Rentan itu ada yang rentan secara ekonomi, korban KDRT, disabilitas, termarjinalkan, perempuan yang berupaya punya keinginan usaha dan lainnya. Ini yang disasar diajak berwirausaha agar mampu berdaya secara ekonomi paling tidak,” beber dia.

Pihaknya juga akan mengarahkan para perempuan pelaku UMKM itu agar konsisten. Menyosialisasikan akses permodalan, dan mendampingi dalam menjaga kualitas produknya. (Ak/El)