Home Hukum dan Kriminal Langgar Perda, Mall Modern Solo Terancam Ditutup

Langgar Perda, Mall Modern Solo Terancam Ditutup

Langgar Perda, Mall Modern Solo Terancam Tutup

SOLO, 24/5 (BeritaJateng.net) – Kalangan legislatif berpendapat jika keberadaan Robinson Department Store yang berada di kompleks Hotel Swiss Belinn, Purwosari, dinilai melanggar Perda Nomor 8/2009 tentang Bangunan dan Perda Nomor 1/ 2010 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Pasar.

Sesui ketentuan perda, jarak antara pusat perbelanjaan, toko modern dengan pasar tradisional paling dekat 500 meter. Padahal lokasi Robinson dengan pasar tradisional Purwosari jaraknya kurang dari 500 meter.

Di sekitar kawasan tersebut sebelumnya sudah ada dua pusat perbelanjaan besar dikawasan tersebut, yakni Solo Square dan Solo Grand Mall. Jika ada satu lagi bagaimana keberadaan pasar tradisional.

Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (FDNR) DPRD, Supriyanto menilai keberadaan Robinson yang akan  launching Jumat (27/5/2016) mendatang diduga melanggar perda.

“Harusnya Pemkot meninjau ulang operasional pusat perbelanjaan tersebut,” jelasnya Selasa (24/5/2016).

Sementara itu Ketua DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa menyampaikan pembangunan mall dan hotel jangan hanya di tengah kota saja. Namun juga ke wilayah Solo bagian utara yang juga perlu dikembangkan.

“Pasar tradisional di kota Solo mulai terpinggirkan karena munculnya pusat perbelanjaan modern.  Harusnya Pemkot  lebih selektif dalam mengeluarkan ijin terkait operasional toko modern di Kota Solo,” jelas Teguh. (Bj24)