Home News Update Lakukan Simulasi, Siswa-siswi Belajar Disiplin Berlalu Lintas Sejak Dini

Lakukan Simulasi, Siswa-siswi Belajar Disiplin Berlalu Lintas Sejak Dini

Lakukan Simulasi, Siswa-siswi Belajar Disiplin Berlalu Lintas Sejak Dini

SEMARANG, 12/11 (BeritaJateng.net) – Siswa SDN Gedawang 01, Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Jawa Tengah ikuti simulasi keselamatan berlalu lintas di halaman sekolah mereka, Sabtu (12/11). Kegiatan ini, merupakan upaya sekolah menanamkan kedisiplinan kepada anak, khususnya dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Tujuannya, agar anak-anak mengetahui sejak dini dalam disiplin berlalu lintas. Sebab nantinya mereka juga pengguna jalan, baik sebagai pengendara bermotor maupun pejalan kaki,” kata Kepala Sekolah SDN Gedawang 01, Widji Handayani.

Simulasi dimulai dari cara menyeberang dengan 3T yaitu tunggu sejenak, tengok kanan, tengok kiri. Setelah itu, Simulasi dilanjutkan menggunakan otopad dengan terlebih dahulu memakai peralatan keamanan, seperti helm dan rompi. Mereka kemudian mulai melintasi taman lalu lintas yang telah tersedia berbagai rambu-rambu lalu lintas. Setiap anak, diwajibkan untuk menempelkan pin bergambar sesuai dengan warna dan simbol pada rambu lalu lintas.

Disiplin berlalu lintas sejak dini
Disiplin berlalu lintas sejak dini

“Menurut data lalu lintas, korban kecelakaan kendaraan roda dua atau sepeda motor didominasi usia pelajar. Oleh sebab itu, sejak dini kita harus tanamkan disiplin berlalu lintas, supaya mereka lebih waspada dan berhati-hati dalam berlalu lintas,” terangnya.

Para siswa terlihat antusias, bergantian mengikuti simulasi keselamatan berlalu lintas. Selain simulasi, kegiatan lain seperti lomba mewarnai bertemakan lalu lintas juga diikuti para siswa dengan berbagai hadiah menarik. (BJ 03)

Comments are closed.