Home Headline Lakukan Penjaringan, PSI Siap Ramaikan Pilwalkot Semarang

Lakukan Penjaringan, PSI Siap Ramaikan Pilwalkot Semarang

10
22.670 Kotak Suara Mulai Dirakit KPU Semarang

SEMARANG, 10/10 (BeritaJateng.net) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Semarang rencananya akan melakukan konvensi penjaringan bakal calon (balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang untuk berkontestasi dalam pesta demokrasi pemilihan wali kota (Pilwakot) Semarang 2020.

Meski hanya mengantongi dua kursi parlemen DPRD Kota Semarang, Ketua DPD PSI Kota Semarang, Ferdian Fajar mengatakan, akan tetap melakukan penjaringan bakal calon sesuai instriksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP). PSI siap melakukan antar jemput formulir dan berkas pendaftaran bagi siapapun yang hendak mencalonkan diri melalui partai baru di Kota Semarang ini, termasuk bagi masyarakat yang ingin mendukung langkah PSI.

“Rencananya begitu, tapi kami sadar diri kami hanya punya dua kursi. Mau tidak mau kami harus berkoalisi dengan partai lain,” tutur Ferdian.

Terkait arah koalisi, pihaknya belum dapat menentukan. PSI masih berproses dan berkomunikasi dengan partai lain. Namun, jika nantinya tidak ada pendaftar dalam proses penjaringan, pihaknya juga siap mendukung kader PSI untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota.

“Kader potensial yang akan kami dukung untuk maju yaitu Dini S Purwono,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengaku belum dapat menentukan sikap politik dalam kontestasi Pilwakot 2020. Dia memilih untuk melihat isu nasional sebelum melangkah lebih jauh di ranah DPC.

“Kami lihat isu nasional bagaimana saat ini hubungan Bapak Prabowo dan Ibu Megawati sedang baik. Itu menjadi catatan kami yang diprioritaskan untuk disampaikan kepada kader,” kata Joko.

Dia menyebut, hingga kini DPP Gerindra belum memberikan instruksi terkait langkah politik Partai Gerindra dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Sehingga, dia pun belum dapat melangkah lebih jauh terkait itu. Pihaknya masih menunggu arahan dari DPP serta DPD Partai Gerindra.

Meski demikian, pihaknya mengaku sudah melakukan komunikasi politik secara informal, baik dengan kader internal partai maupun partai politik lain.

“Komunikasi dengan parpol lain sudah, namun memang belum ada kesepakatan apapun, termasuk gambaran calon kandidat,” ungkapnya. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − six =