Home Headline Labfor Umumkan Penyebab Kebakaran Pasar Johar Hubungan Pendek Arus Listrik

Labfor Umumkan Penyebab Kebakaran Pasar Johar Hubungan Pendek Arus Listrik

Olah TKP Kebakaran Tim Labfor
Olah TKP Kebakaran Tim Labfor
Olah TKP Kebakaran Tim Labfor


Semarang, 15/5 (BeritaJateng.net) – Polda Jateng umumkan hasil penyebab kebakaran Pasar Johar dan Yaik Permai Semarang. Dari hasil Laboratorium Forensik menemukan penyebab kebakaran adalah hubungan pendek arus listrik yang terjadi di lantai 1 kios Pasar Johar bagian depan.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Nur Ali mengungkapkan hasil itu sudah berdasarkan pemeriksaan Tim Labfor Mabes Polri Cabang Semarang yang datang untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) saat di lokasi kebakaran hari Senin (11/5) lalu.

“Hasilnya sudah ada. Setelah dari pemeriksaan Labfor karena hubungan arus pendek listrik. Jadi dipastikan tidak ada unsur kesengajaan,” tuturnya, Jumat (15/5).

Sementara itu, Kepala Puslabfor Bareskrim Polri Cabang Semarang, Kombes Pol Setiani Dwi Astuti menjelaskan dari hasil penyelidikan yang dilakukan dilokasi, titik api berasal dari kios lantai satu Pasar Johar yang stop kontak dan stekkernya longgar.

“Stop kontak dan stekernya longgar jadi itulah penyebabnya hingga mengalami terbakar,” kata Setiani.

Seperti diketahui petugas Tim Labfor langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pasca terbakarnya pasar Johar.

Petugas yang datang langsung menuju lantai satu Pasar Johar. Dalam kesempatan itu tim Labfor membawa barang bukti berupa KWH meter beserta MCB, kabel bekas terbakar, motor kipas angin, steker listrik, dan abu sisa kebakaran disatu kios tersebut. (BJ04)