Home Lintas Jateng Kurangi Resiko Kanker, RSUP dr Kariadi Gelar Seminar

Kurangi Resiko Kanker, RSUP dr Kariadi Gelar Seminar

Semarang, 24/12 (beritajateng.net) – Sebagai salah satu rumah sakit besar di Semarang yang kerap menjadi rujukan pasien kanker, RSUP dr Kariadi menggelar Seminar dan Temu Pelanggan Kanker, sebagai bentuk sosialisasi dan kajian kanker, resiko dan pencegahan penyakit kanker.

Direktur umum Dan operational RSUP dr Kariadi dokter Darwito mengatakan, sebagai pusat kunjungan pasien penyakit kanker, RSUP dr Kariadi berkewajiban memberi informasi penanggulangan dan resiko kanker kepada pasien rumah sakit, maupun masyarakat umum. Menurutnya, dari antrian pasien karyadi yang mencapai 2000 pasien BPJS, 80 persennya merupakan pasien penyakit kanker.

“Kami hadirkan pakar kesehatan spesialis kanker untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit kanker, resiko, pencegahan dan pengobatannya,” papar Darwito.

Salah satu pakar yang memaparkan kanker dan pencegahannya ialah dokter Bambang konsultan kanker pada anak. Ia menjelaskan gejala yang dapat di deteksi sejak dini pasien kanker, seperti pucat, anemia, trombosit berkurang dan pembesaran liver dan limpa serta sulitnya penyerapan gizi pada sumsum tulang.

“Sebagian besar pasien kanker yang masuk, datang dalam kondisi terlambat seperti telah terjadi pendarahan atau matinya salah satu organ, sehingga hal ini memperkecil resiko sembuhnya pasien, untuk itu dengan seminar semacam ini masyarakat dapat mengetahui dan mengantisipasi penyakit tersebut, ” kata Bambang. (BJ05/BJ)