Home Lintas Jateng Kurangi Penderita HIV/AIDS, PSK Blora Diberi Penyuluhan

Kurangi Penderita HIV/AIDS, PSK Blora Diberi Penyuluhan

image

Blora, 20/4 (Beritajateng.net)-Guna mengurangi jumlah angka penderita HIV/AIDS yang terus meningkat di Kabupaten Blora, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana bersama Dinas Kesehatan, dan TP PKK Kabupaten Blora, Jawa Tengah, memberikan penyuluhan HIV/AIDS kepada pekerja seks komersial (PSK) di lokalisasi Sumber Arum, Kelurahan Tambakromo, Kecamatan Cepu. Kegiatan itu mendapat respon positif dari 70 PSK yang terdapat pada lokalisasi tersebut.

Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Blora, Sudharmo, menjelaskan, kegiatan ini langkah pencegahan (prefentif) dan Pengobatan (represif) yang di fokuskan pada penghuni lokalisasi tersebut.”Sebagai warga binaan, hendaknya rajin mencari dan mengikuti akses informasi yang berkaitan dengan upaya Prefentif dan represif, antisipasi penyakit menular AIDS maupun Virus HIV,” katanya, Senin (20/4).

Dari penuturan Dampak, Ketua lingkungan setempat, banyak dari warganya belum mengetahui mengenai HIV/AIDS. Untuk itu, dia meminta dari  pemerintah melakukan pembinaan terus menerus. “Selama puluhan tahun berlalu, baru pertama kali ada penyuluhan tentang HIV dan AIDS,” katanya.

Menurutnya, dinas yang datang di lokasi tersebut hanya melakukan vaksin saja tanpa adanya penyuluhan. “Selama ini, penghuni lokalisasi hanya diberi vaksin saja,” katanya.

Wakil ketua Tim Penggerak PKK, Kabupaten Blora, Tri Mujiati, menghimbau supaya para PSK untuk tetap percaya diri di masyarakat, “Apapun jalan hidup kita dan pemukiman kita,” kata dia.

Dirinya juga mengajak dinas terkait untuk hadir di tengah-tengah masyarakat melakukan pendampingan. Selain itu memberikan pendidikan keterampilan (life skill) secara berkesinambungan.”Untuk itu, kuasai keterampian hingga pada suatu hari akan terjadi pemberdayaan,” pesan Tri Mujiati.(BJ31)