Home News Update Kurangi Kemacetan, Dishub Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kurangi Kemacetan, Dishub Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

SOLO, 23/6 (BeritaJteng.net) – Rekayasa lalu lintas akan dilakukan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo untuk bisa mengurai kepadatan lalu lintas karena banyaknya jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Solo selama arus mudik dan balik.

Kepala Dishubkominfo Solo Yosca Herman mengatakan jika selama arus mudik diprediksi jumlah kendaraan bermotor yang masuk ke Solo Lebaran 2016 ini diprediksi mencapai 8.604.833. Jumlahnya meningkat 10 persen dibanding tahun lalu yaitu 7.822.566 unit.

“Karena itulah perlu rekayasa lalu lintas karena diprediksi jumlah kendaraan yang masuk Solo selama lebaran naik 10 persen,” jelas Yosca di Solo Jawa Tengah.

Nantinya rekayasa lalu lintas dilakukan dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk dalam kota. Mengoptimalkan jalur alternatif, dengan mengalihkan pemudik tujuan Sragen dan Jawa Timur akan melalui ruas jalan tol Solo-Kertosono (Soker).

Sementara itu Kepala Bidang Lalu Lintas, Sri Baskoro memperkirakan puncak arus mudik dan balik diperkirakan terjadi pada H-3 dan H+3 Lebaran.

“Pengoprasian jalan tol Soker saat arus mudik dan balik diharapkan mampu mengurangi beban lalu lintas kota Solo. Sebab kendaraan pemudik tujuan Jawa Timur langsung lewat tol dari pintu masuk di Klodran dan keluar di Sragen,” pungkasnya. (Bj24)