Kreatif! Mantan Kuli Bangunan di Blora Alih Profesi Jadi Perajin Patung Action Figur

Blora, 19/12 (BeritaJateng.net) –  Mantan kuli bangunan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini beralih profesi menjadi perajin miniatur patung karakter tokoh kartun berbahan plastisin atau malem.

Keputusannya tidak sia-sia karena hasil karyanya kini sudah tembus hingga luar negeri.

Siapa sangka patung-patung karakter tokoh kartun animasi ini terbuat dari bahan plastisin atau malem.

Bentuknya yang detil membuat orang mengira patung patung tersebut dibuat oleh pabrikan.

Namanya Derry Guda Dharma, perajin patung tokoh animasi tersebut. Ia warga Desa Bangsri, Kecamatan Jepon ini mengaku sudah 2 tahun menggeluti patung karakter tokoh kartun berbahan dasar plastisin.

Ide pembuatan patung karakter berbahan plastisin ia dapatkan dari youtube. Dari belajar di youtube itu, ia lalu mencoba membuat sendiri di rumahnya.

“Kalau mulai belajar sekitar dua tahunan. Tapi mulai ada yang mesan itu empat bulanan,” kata Derry.

Bermodal alat-alat pahat sederhana, saat ini ia telah mampu membuat hampir delapan puluh patung karakter tokoh kartun berbagai jenis.

“Untuk satu patung ia jual antara enam ratus ribu hingga satu setengah juta rupiah tergantung besar dan tingkat kesulitannya,” tuturnya.

Selain menjual patung dirinya juga menjual video tutorial proses pembuatan patung melalui online.

Tidak hanya Indonesia hasil karyanya itu juga sudah menembus luar negeri seperti Amerika Serikat. “Durasinya sekitar satu menit, ” imbuhnya.

Dari hasil penjualanya, ia mampu mendapat pemasukan lima sampai tujuh juta setiap bulannya.

Derry mengaku, untuk satu pembuatan patung berbahan plastisin membutuhkan waktu dua hari. Terlalu lembeknya plastisin menjadi kendala sendiri dalam proses pembuatan patung-patung tersebut. (Her/El)

Leave a Reply