Home Headline KPU Jateng Siapkan Rp 325 Miliar untuk Pilkada Serentak

KPU Jateng Siapkan Rp 325 Miliar untuk Pilkada Serentak

Djoko Purnomo

Semarang, 6/1 (BeritaJateng.net) – Dana untuk menggelar pilkada serentak di 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang diperkirakan dilaksanakan pada akhir 2015 atau awal 2016 disiapkan sebanyak 325 miliar rupiah. Dana sebanyak itu berasal dari APBD kabupaten/kota tahun 2015.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Jawa Tengah Djoko Purnomo usai melakukan rapat kerja dengan Komisi A DPRD Jawa Tengah, Selasa (6/1).

“Total dana yang disiapkan sebanyak 325 miliar rupiah. Dana itu disiapkan untuk dua putaran,” ungkapnya di Gedung Berlian, Jalan Pahlawan Semarang.

Menurut Djoko, besaran dana pelaksanaan pilkada tidak sama antara satu kabupaten/kota dengan lainnya. Anggaran yang diperlukan berdasar dari kebutuhan di masing masing wilayah. Kota Semarang menganggarkan beaya paling besar dibanding 15 daerah lainnya.

“Kota Semarang menyiapkan anggaran sebanyak 46 miliar rupiah. Lainnya dibawah itu,” jelasnya.

Dengan kesiapan dana sebesar itu, pihaknya yakin pelaksanaan pilkada bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan apapun Hal ini ditunjang dengan kesiapan infrastruktur pelaksana sampai ke tingkat TPS.

“Ibarat mobil, kami tinggal distart dan langsung tancap gas,” ungkapnya.

Keenam belas daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah meliputi Kota Semarang, Kab Rembang, Kab Purbalingga, Kab Kebumen, Kota Surakarta, Kab, Boyolali, Kota Pekalongan, Kab Blora, Kab Kendal, Kota Magelang, Kab Sukoharjo, Kab Semarang, Kab Purworejo, Kab Wonosobo, Kab Wonogiri dan Kab Klaten. (BJ013)

Advertisements