Home News Update KPU BLORA Usulkan Dua Rancangan Dapil untuk Pileg 2019

KPU BLORA Usulkan Dua Rancangan Dapil untuk Pileg 2019

Moesafa Komisioner KPU Blora
           BLORA, 22/1 (BeritaJateng.net) – Komisi pemilihan umum kabupaten Blora mengusulkan 2 rancangan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi di DPRD kabupaten Blora pada pemilu 2019.  Berdasarkan PKPU No. 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019  penyampaian dan pencermatan usulan Dapil DPRD Kabupaten/Kota kepada publik dilaksanakan pada tanggal 19 – 25 Januari 2019.
           Komisioner KPU kabupaten Blora, moesafa mengatakan, usulan 2 dapil mengemuka dari proses koordinasi bersama sejumlah parpol.
           “Dua usulan tersebut yang mengemuka sejak awal sampai koordinasi menjelang pengumuman ke publik. Jadi 2 usulan itu yang menjadi narasi utama selama proses koordinasi tentang penataan dapil dan alokasi kursi DPRD blora,” ucap Moesafa, Senin (22/1/2018).
           Sesuai SK KPU Nomor 13/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 tentang Jumlah Penduduk Kabupaten/Kota dan Jumlah Kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum tahun 2019, sebanyak 893.940 jiwa.
           “Sehingga pada Pemilu 2019 jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Blora masih sejumlah 45 kursi,” tambahnya.
           Adapun usulan Penataan Dapil dari KPU Blora yang pertama masih mengacu pada Daerah Pemilihan yang lama, yaitu Daerah Pemilihan di Pemilu 2014, sebanyak 5 (Lima) Dapil yang terdiri dari Dapil Blora 1 (Jiken, Jepon, Blora dan Bogorejo) sebanyak 11 (sebelas) kursi, Dapil Blora 2 (Kedungtuban, Cepu dan Sambong) sebanyak 8 (delapan) kursi, Dapil Blora 3 (Jati, Randublatung dan Kradenan) sebanyak 8 (delapan) kursi, Dapil Blora 4 (Kunduran, Todanan dan Japah) sebanyak 9 (Sembilan) kursi serta Dapil Blora 5 (Tunjungan, Banjarejo, dan Ngawen) sebanyak 9 (Sembilan) kursi.
           Sedangkan Usulan yang kedua sebanyak 6 (Enam) Dapil yang terdiri dari Dapil Blora 1 (Blora dan Tunjungan) sebanyak 7 (tujuh) kursi, Dapil Blora 2 (Jiken, Jepon, dan Bogorejo) sebanyak 6 (enam) kursi, Dapil Blora 3 (Kedungtuban, Cepu dan Sambong) sebanyak 8 (delapan) kursi, Dapil Blora 4 (Jati, Randublatung dan Kradenan) sebanyak 9 (sembilan) kursi, Dapil Blora 5 (Kunduran, Todanan dan Japah) sebanyak 9 (Sembilan) kursi serta Dapil Blora 6 (Banjarejo, dan Ngawen) sebanyak 6 (Enam) kursi.
            “Untuk selanjutnya KPU Kabupaten Blora dalam waktu dekat akan mengadakan Uji Publik tentang usulan penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi kursi DPRD tersebut. Dimana uji publik tersebut akan menyerap segala masukan dan tanggapan terhadap usulan Dapil dan Alokasi kursi DRPD Kabupaten Blora sebelum diserahkan ke KPU RI untuk ditetapkan,” terang Moesafa.
(MN/El)