Home News Update KPU Blora Tetapkan DPB untuk Persiapan Pemilu Mendatang

KPU Blora Tetapkan DPB untuk Persiapan Pemilu Mendatang

BLORA, 1/6 (BeritaJateng.net) – Antisipasi carut marut pemutakhiran daftar pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan yang akan datang, Senin (31/5/2021) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB).

“Kita tetapkan DPB ini, agar masyarakat bisa lebih aktif memberikan masukan data pemilih sejak awal,” ungkap Heni Rina Minarti anggota KPU Blora Devisi Perencanaan Data dan Informasi.

Menurutnya, selama ini fasilitas KPU dalam Pemilu maupun Pemilihan belum termanfaatkan secara optimal.

Padahal peran masyarakat menjadi sangat penting, karena dalam pesta demokrasi masyarakat berperan sebagai pemilih.

Dijelaskan Heni, langkah awal bentuk partisipasi masyarakat dalam berdemokrasi adalah, dengan teliti mencermati dan mengetahui apakah dia sudah terdaftar dalam daftar pemilih atau belum, lalu kapan dan di mana nantinya mereka akan memilih.

“Ini kita lakukan untuk memperbaiki kualitas daftar pemilih baik dalam tahapan pemilu maupun pemilihan,” tuturnya.

Ditambahkan Heni, KPU Kabupaten Blora telah berkoordinasi dengan berbagai pihak dan stakeholders, yang ada di Kabupaten Blora.

Dengan harapan agar bisa menyiapkkan daftar pemilih yang berkuwalitas untuk pemilu maupun pemilihan berikutnya.

Berdasarkan rapat pleno KPU Blora pada Senin (31/5), jumlah daftar pemilih berkelanjutan sebanyak 702.297 pemilih.

Dengan rincian pemilih laki laki sebanyak 347.314 dan pemilih perempuan sebanyak 354.983 pemilih yang tersebar di 16 Kecamatan, di 295 desa/kelurahan yang ada di Kab Blora.

DPB ini juga di sampaikan kepada berbagai pihak seperti , Bawaslu , Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) serta partai pollitik.

Pemutakhiran DPB ini, akan di perbaharui setiap bulannya agar data pemilih senantiasa tersaji secara up to date,
sehingga data pemilih bersifat akurat dan akuntabel serta dapat di pertanggung jawabkan.

“Tingkat akurasi data pemilih adalah menjadi tanggung jawab bersama antara penyelenggata pemilu dengan komponen daerah maupun komponen Pemerintah daerah, untuk itu mari bersama kita mensukseskan data pemilih yang berkualitas di Kabupaten Blora,” tuturnya. (Her/El)