Home Lintas Jateng KPU Blora Ajukan Anggaran Pilkada Rp27 Miliar

KPU Blora Ajukan Anggaran Pilkada Rp27 Miliar

ilustrasi_pilkada_gffimaBlora, 18/12 (Beritajateng.net) – Anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Blora mulai dibahas. KPU dan Panwaslu Blora bertemu dengan DPRD, guna menyampaikan pengajuan dana yang berkaitan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati yang baru. Menurut rencana, pilkada akan dilakukan serentak dan saat ini masih menunggu disahkannya Perppu Pilkada.

”Dana untuk KPU dan Panwaslu merupakan dana hibah dari pemkab dan diberikan melalui Kesbangpol. Kami sudah bertemu dengan kedua lembaga untuk membahas pengajuan dana dan akan kami evaluasi,” ujar anggota Komisi A, Siswanto, Kamis (18/12).

Menurutnya, usulan dana dari KPU dan Panwaslu akan dibahas di tingkat pimpinan dewan (pimwan). Sehingga, ia tidak bisa memberikan kepastian, apakah usulan dana KPU dan Panwaslu akan disetujui atau tidak.

KPU sendiri ungkapnya mengajukan anggaran Rp27 miliar, dan Panwaslu Rp 5,4 miliar. “Tapi, di pagu yang ada, dana KPU Rp 16 miliar, sedang Panwaslu Rp 1,9 miliar,” jelasnya.

Sementara itu Ketua KPU Blora Arifin membenarkan terkait pembahasan anggaran tersebut. Ia mengatakan dana yang diajukan pihaknya yakni Rp27 miliar ke pemkab. Jika sesuai Perppu yang baru soal pilkada, maka ada tambahan dana yang harus dialokasikan, yakni untuk uji publik dan alat peraga.

”Anggaran itu belum dimasukkan dalam usulan yang Rp27 miliar tersebut. Yang kebutuhan sesuai Perppu belum, karena usulan kita masih yang lama. Tidak tahu sudah dianggarkan atau belum,” tambahnya.

Meski begitu ungkapnya, sesuai arahan dari KPU pusat, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Blora terkait pilkada. Tetapi, ia belum berani memastikan, apakah pilkada akan dilakukan secara langsung atau tidak.

”Kapan waktunya juga belum dipastikan. Kami hanya diminta berkoordinasi dengan pemkab,” pungkasnya. (Nn/Ng/pj)

Advertisements