Home News Update KPU Bantul Matangkan Persiapan Pilkada Serentak 2015

KPU Bantul Matangkan Persiapan Pilkada Serentak 2015

KPU

Bantul, 2/3 (BeritaJateng.net) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, optimistis bisa mematangkan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan digelar pada Desember 2015.

“Dengan dihapusnya tahapan uji publik dari segi waktu berdampak positif, karena kami memiliki waktu yang cukup untuk persiapan pelaksanaan, sehingga harapannya bisa lebih matang,” kata Komisioner KPU Bantul, Divisi Logistik dan Keuangan, Didik Joko Nugroho di Bantul, Senin.

Menurut dia, salah satu poin substantif dalam revisi Undang-Undang Pilkada yang disahkan menjadi UU oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah yakni penghapusan tahapan uji publik terhadap bakal calon kepala daerah.

Ia mengatakan, tanpa adanya uji publik tersebut membuat lamanya tahapan penyelenggaraan Pilkada lebih singkat tiga bulan menjadi enam bulan dari sebelumnya yang direncanakan sembilan bulan (draft UU Pilkada sebelum direvisi).

“Sehingga kami juga memiliki waktu yang cukup untuk inventarisir petunjuk teknis (juknis) dan surat keputusan (SK) yang ditetapkan KPU Bantul, sambil menunggu Peraturan KPU terkait tahapan, ” katanya.

Sementara itu, kata dia, lembaganya sendiri akan mulai tahapan penyelenggaraan Pilkada pada Juni mendatang, sebab Kabupaten Bantul akan melaksanakan pemilihan pada gelombang pertama yakni sekitar Desember 2015.

“Sesuai aturan tahapan Pilkada dilakukan selama enam bulan sebelum hari H, jika Pilkada digelar pada Desember berarti paling tidak tahapan dimulai Juni,” kata Didik.

Menurut dia, tahapan Pilkada dimulai dengan pembentukan badan ‘ad hoc’ seperti panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa untuk proses pemutakhiran data pemilih.

“Tahapannya beriringan baik dari sisi teknis pemutakhiran data pemilih dan membentuk badan ‘ad hoc’ pemilu, dan setelahnya pendaftaran bakal calon kepala daerah, penetapan dan sosialisasi ke masyarakat,” kata Didik.

Sementara itu, kata dia, berkaitan dengan waktu Pilkada, sampai saat ini belum dipastikan hari dan tanggal pelaksanaan, hanya ditentukan bahwa Pilkada serentak digelar secara bergelombang dan gelombang pertama pada Desember 2015.

“Untuk gelombang pertama kemungkinan digelar pada minggu pertama Desember, hanya saja untuk kepastian har belum ditetapkan, namun sempat muncul dua opsi antara tanggal 2 atau 9 Desember,” katanya. (ant/BJ)