Home Hukum dan Kriminal KPK Tetapkan Andi Taufan Sebagai Tersangka Suap PAN Tidak Akan Intervensi

KPK Tetapkan Andi Taufan Sebagai Tersangka Suap PAN Tidak Akan Intervensi

KPK Tetapkan Andi Taufan Sebagai Tersangka Suap PAN Tidak Akan Intervensi.
KPK Tetapkan Andi Taufan Sebagai Tersangka Suap PAN Tidak Akan Intervensi.
KPK Tetapkan Andi Taufan Sebagai Tersangka Suap PAN Tidak Akan Intervensi.

Jakarta, 28/4/16 (Beritajateng.net) – Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Legislator Partai Amanat Nasional Andi Taufan Tiro menjadi tersangka dugaan suap pengamanan proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain anggota Komisi V DPR ini, KPK juga menetapkan Kepala Balai Badan Pembangunan Jalan Nasional IX wilayah Maluku dan Maluku Utara Amran HI Mustary sebagai tersangka dalam perkara yang sama.

“Terkait kasus suap di KemenPUPR KPK menetapkan anggota DPR Komisi V berinisial ATT dan AHM,” Ucap Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Jakarta.

Andi menyusul dua rekannya di Komisi V DPR yang telah menjadi tersangka dalam perkara ini. Mereka ialah Politikus PDIP Damayanti Wisnu Putranti dan Legislator Partai Golkar Budi Supriyanto.

Wakil Ketua Komite Kamar Dagang dan Industri periode 2010-2015 ini diduga menerima suap sebesar Rp7.4 miliar dari terdakwa pemberi suap, Direktur PT Windu Tunggal Utama Abdul Khoir. Angka itu merupakan tujuh persen dari nilai proyek pembangunan ruas dan peningkatan ruang Jalan WayabulaSofi. Dugaan itu termaktub dalam dakwaan Abdul sebagaimana yang didakwakan oleh jaksa penuntut.

Suap diterima agar proyek program aspirasi DPR disalurkan untuk pembangunan jalan di Maluku dan Maluku Utara sekaligus menyepakati Abdul Khoir menjadi pelaksana proyek.

Sementara itu Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya belum bisa memutuskan terkait status keanggotaan Andi Taufan di PAN. Dia akan melakukan rapat internal terlebih dulu mengenai masalah itu.

“Itu belum kita putuskan pecat atau tidak. Kita akan lakukan konsolidasi di internal partai dulu,” kata Eddy.

Eddy juga mengatakan, pihaknya belum memutuskan apakah akan memberi bantuan hukum atau tidak kepada Taufan Niro. Dia hanya menegaskan, PAN tidak akan melakukan intervensi dalam kasus ini dan berharap proses hukum Taufan Niro dilakukan secara transparan.

“Kita hormati proses hukumnya dan kita dalam hal ini PAN tidak akan melakukan intervensi, karena kita ingin lihat proses ini transparan dan fair,” katanya. (bj50)