Home Nasional KP2KKN Ragukan Integritas Pelamar Pimpinan KPK

KP2KKN Ragukan Integritas Pelamar Pimpinan KPK

KPK

Semarang, 6/7 (BeritaJateng.net) – Sekretaris Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah Eko Haryanto meragukan integritas beberapa pelamar pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Dari penelusuran pihaknya, beberapa yang lolos tidak terekam aktifitas anti korupsi yang dilakukan mereka. “Ada tujuh pelamar yang dinyatakan lolos berasal dari Jateng. Enam diantaranya tidak ada rekamannya dalam pemberantasan korupsi sama sekali,” ungkapnya saat dihubungi wartawan, Senin (6/7).

Menurut Eko, tantangan KPK ke depan semakin berat. Oleh karena itu dibutuhkan figur pimpinan yang berani dan memiliki integritas tinggi, sehingga pansel harus cermat dengan tidak meloloskan pelamar yang bisa dikategorikan sebagai penumpang gelap.

“Menurut saya malah tidak sekedar memiliki integritas, namun mereka itu harus sudah selesai dalam urusan keduniawiannya. Urusan seperti Harta, tahta dan wanita harus sudah dia tinggalkan,” tegasnya.

Pria berkepala plontos tersebut juga menegaskan bahwa salah satu tantangan terberat dalam pemberantasan korupsi yang harus dihadapi KPK adalah korupsi di tubuh Polri dan TNI. Oleh karena itu keberanian pimpinan KPK dalam menguak dua lembaga tersebut mutlak diperlukan.

Tujuh pelamar pimpinan KPK yang berasal dari Jawa Tengah adalah Prof. Dr. Maman S, SH, MSc (Banyumas), Hadi Purwoto, SH, Heru Supramono SE, MM (Semarang), Qomari, SH, M Hum (Klaten),Setyawan Putraatmaja, Yuliono, SE, QEA (Brebes) dan Yudhi Kristiana, SH, M Hum (Karanganyar).

“Hanya Yudhi Kristiana yang jelas kiprahnya dalam pemberantasan korupsi. Dia masih aktif sebagai jaksa tipikor di Pengadilan Tipikor Semarang. Lainnya tidak jelas sama sekali,” pungkasnya. (BJ13)