Kota Semarang Terima Bangkom Jateng Award 2023

SEMARANG – Kota Semarang dinobatkan sebagai kota terbaik dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi (Bangkom) bagi aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Jawa Tengah pada 2023.

Penghargaan “Bangkom Jateng Award 2023” diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Gedung Sasana Widya Praja BPSDMD Jateng, Semarang, Senin.

“Bangkom Jateng Award” merupakan kegiatan bergengsi yang diadakan setiap tahun dengan nama sebelumnya adalah “BPSDMD Jateng Award” yang diinisiasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng.

Pada kegiatan yang mengangkat tema “Akselerasi Pengembangan Kompetensi mewujudkan ASN dengan Kinerja Berdampak” tersebut, Hevearita mengungkapkan rasa syukur-nya karena kota Semarang menjadi kota terbaik dalam penyelenggaraan bangkom tahun ini.

Dengan perolehan penghargaan sebagai bentuk apresiasi itu, wali kota perempuan pertama di Kota Semarang itu berharap dapat menjadi pendorong dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi sumber daya ASN di Kota Atlas.

“Alhamdulillah Kota Semarang menjadi yang terbaik untuk satu kategori pemerintah daerah. Tentu ini menjadi pendorong untuk kami bisa lebih baik, karena ini kaitannya untuk peningkatan sumber daya ASN,” kata Ita, sapaan akrabnya.

“Tidak hanya dari segi ‘smart’-nya atau digitalisasi-nya, tapi betul-betul diimplementasikan,” katanya, seraya berharap pada tahun depan Kota Semarang dapat mempertahankan prestasi tersebut.

“Kami harapkan bisa terus menerus, karena pastinya kabupaten/kota lainnya juga memiliki program-program yang luar biasa. Ini kami harapkan dan tahun depan harus bisa mempertahankan kategori ini,” ujarnya.

Pada penghargaan Bangkom Jateng Award 2023, terdapat tiga kategori yang mendapatkan apresiasi, yakni widyaiswara dan fasilitator terbaik, lembaga organisasi perangkat daerah (OPD) penyelenggara bangkom terbaik, dan kabupaten/kota penyelenggara bangkom terbaik.

Selain Kota Semarang, ada lima kabupaten/kota yang juga masuk dalam enam besar sebagai penyelenggara bangkom terbaik di Jateng pada tahun ini, yakni Kabupaten Purworejo, Kabupaten Cilacap, Kota Surakarta, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Tegal.(ant)

Leave a Reply