Home Life Style Kota lama Semarang Siap Jadi Destinasi Jujugan Saat Libur Lebaran

Kota lama Semarang Siap Jadi Destinasi Jujugan Saat Libur Lebaran

758
Kota lama Semarang Siap Jadi Destinasi Jujugan Saat Libur Lebaran

SEMARANG, 16/5 (BeritaJateng.net) – Kawasan Kota Lama dipastikan bisa menjadi satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi saat libur lebaran nanti. Meski proyek revitalisasi Kawasan Kota Lama saat ini masih berjalan, Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L), Hevearita Gunaryanti Rahayu memastikan, proyek revitalisasi tahap I Kawasan Kota Lama sudah rampung pada Mei ini.

“Tahap pertama sudah hampir selesai. Ada sebagian yang masih finishing kecil-kecil. Jalan-jalan utama diprioritaskan dan akan selesai Mei ini sehingga libur lebaran nanti Kota Lama sudah bisa dikunjungi wisatawan. Nanti, setelah lebaran ada lelang paket II untuk menyelesaikan kawasan Kota Lama,” tutur Ita, sapaan Ketua BPK2L.

Ita menegaskan, pihak proyek maupun pemerintah akan sama-sama bekerja keras agar Kota Lama bisa menjadi destinasi wisata saat lebaran nanti. Proyek akan mengebut agar paket I bisa rampung sebelum lebaran dan pemerintah akan menyiapkan hal yang dapat menarik wisatawan.

Menyambut libur lebaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bakal menghadirkan Galeri Industri Kreatif yang menempati Gedung Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Rencananya, Galeri Industri Kreatif tersebut akan diresmikan pada bulan Puasa ini, sehingga pada libur lebaran para pengunjung bisa menikmati berbagai sajian yang ada di Galeri Industri Kreatif. Berbagai kuliner, furnitur, fashion, handicraft, dan barang antik akan dihadirkan di Galeri Industri Kreatif.

Wakil walikota Semarang, Hevearita G. Rahayu meninjau Kota Lama Semarang.

“Nanti rencana tanggal 25 Mei 2019 kami soft launching dulu karena memang ini untuk persiapan menjelang lebaran dan setelah lebaran. Kota lama saat lebaran pasti akan ramai, sehingga ini momen yang tepat untuk launching,” ujar Ita.

Hadirnya Galeri Industri Kreatif, menurut Ita, akan menambah daya tarik wisata sehingga orang tidak hanya berjalan-jalan di seputar Kota Lama, namun bisa membeli oleh-oleh di Kawasan Kota Lama.

“Nantinya orang mau cari furnitur bisa, handicraft, mau kuliner kering untuk oleh-oleh juga ada,” sebutnya.

Tidak hanya Galeri Industri Kreatif, beberapa destinasi lain di Kota Lama juga sudah bersiap menyambut libur lebaran. Seperti Semarang Art Gallery.

Manager Semarang Art Gallery, Wisnu Barata mengatakan, pada libur lebaran nanti, karya-karya seni koleksi Semarang Gallery akan dipamerkan.

Selain itu, usai lebaran, pihaknya juga akan menggelar pameran karya milik seorang penulis Goenawan Mohamad (GM). Adapun jenis karyanya berupa lukisan-lukisan dan puisi-puisi.

“Rencananya kan karya GM akan kami pamerkan tanggal 18 Mei ini, namun karena jalan akses menuju Gallery Semarang ada renovasi jadi diundur setelah lebaran mulai 15 Mei. Kami pajang selama satu bulan,” jelasnya. (El)