Home Headline Korban Longsor Banjarnegara 78 Orang, Tim SAR Lanjutkan Pencarian

Korban Longsor Banjarnegara 78 Orang, Tim SAR Lanjutkan Pencarian

TIM SAR Gabungan melakukan evakuasi korban longsor. foto: aris triyono/beritajateng

Banjarnegara, 17/12 (Beritajateng.net) – Hingga hari ini Tim SAR Gabungan telah menemukan sebanyak 78 korban longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatanan Karangkobar, Banjarnegara. Memasuki hari ke-enam, tim SAR gabungan masih melanjutkan pencarian.

Pencarian dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi dua wilayah, yakni sektor atas dan sektor bawah, sama seperti sebelumnya.

Kepala Kantor SAR Semarang Agus Haryono, pencarian di sektor atas dilakukan menggunakan peralatan manual dengan bantuan 5 anjing pelacak milik Polda Jateng. Menurut Agus, anjing sudah mendeteksi dua lokasi yang diduga terdapat korban tanah longsor.

Namun demikian Tim SAR gabungan, sejak 07.00 dimulai pencarian, hingga pukul 12.00 belum juga menemukan satu orang korban-pun. Pencarian dilakukan dengan manual, seperti cangkul, skop, lingis dengan bantuan alkon penyemprot air dan shainsaw untuk memotong batang kayu dan ranting pohon.

“Di sektor atas ini terkendala tanah yang lembek, kita harus beralas papan dan kayu untuk pijakan. karena kalau tidak, kita akan terperosok masuk ke dalam tanah,” kata Agus.

Sementara itu, di sektor bawah justru menemukan banyak korban. Hingga pukul 12.00 ini, tim SAR gabungan  berhasil menemukan 14 korban. Kebanyakan korban yang ditemukan terjebak di dalam mobil dan terjepit di bawahnya. Lokasi penemuan korban, menurut Agus, kebanyakan berada di jalan.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, korban merupakan warga yang saat kejadian sedang menonton proses pembersihan jalan dari matrial longsor. Saat mereka mau pulang, datanglah petaka itu. Kebanyakan dari warga yang melihat dapat menyelamatkan diri, namun juga tidak sedikit dari mereka yang bisa menyelamatkan diri.

Hingga pukul 12.00 siang ini, tim SAR gabungan berhasil menemukan 14 korban. Sehingga total korban yang berhasil ditemukan berjumlah 78 Korban.

Adapun ke-14 korban yang ditemukan hari ini diketahui sebagai, Medi (35), Jino Bin Burhan (27), Roso Bin Sumawito (18), Kamsiyah (40), Ipan Bin Juhadi (18), Kevin Bin Wardi (2), Wiwin Bin Hadi Martono (12), Rafa (2), Septi Bin Agus (23), Sehah Sofiyanti Binti Edy Hartono (22), Wasman (90), Sudri (35), Sumawito (60) dan satu korban lagi belum teridentifikasi.

Data korban yang ditemkan akan terus berubah seiring dengan proses pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR gabungan. Adapun tim SAR gabungan terdiri atas, Basarnas, TNI, POLRI, BPBD, relawan SAR dan potensi SAR lainnya dengan dibantu oleh masyarakat. (ris/BJ)

 

Advertisements