Home Ekbis Koramil 03 Undaan Motori Penggropyokan Tikus

Koramil 03 Undaan Motori Penggropyokan Tikus

Anggota Koramil 03 Undaan bersama petani menggeropyok tikus yang menyerang tanaman padi.
Anggota Koramil 03 Undaan bersama petani menggeropyok tikus yang menyerang tanaman padi.
Anggota Koramil 03 Undaan bersama petani menggeropyok tikus yang menyerang tanaman padi.

Kudus, 18/3 (Beritajateng.net)-Untuk mensukseskan program pemerintah swasembada pangan 2017, Koramil 03 dibawah Kodim 0722/ Kudus, Rabu (18) menggelar ’grebeg tikus’ bersama gabungan kelompok tani (gapoktan), perangkat desa, dan Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kudus.

Tidak tanggung-tanggung, dalam kegiatan penanggulangan merebaknya hama binatang pengerat ini, kegiatan tersebut berhasil menangkap 275 ekor tikus.

Komandan Kodim 0722/ Kudus Letkol Arh Ibnu Sukelan dalam keterangannya mengatakan, upaya pembasmian hama tanaman padi ini tidak hanya dilakukan di wilayah Undaan. Menurutnya, semua Koramil di jajaran Kodim Kudus akan melakukan hal serupa.

”Hanya waktunya saja yang berbeda-beda tergantung kondisi perkembang biakan hama tikus di wilayah masing-masing kecamatan. Antisipasi ini dilakukan demi suksesnya program swasembada pangan 2017,” tegasnya.  

Dalam kegiatan grebeg tikus ini, anggotanya bersama masyarakat menyisir lokasi pertanian di Gang 1 Desa Undaan Kidul hingga Desa Lambangan menuju Desa Berugenjang disepajang  pinggiran  jalan usaha tani (JUT). Sedangkan alat yang digunakan, adalah pengasapan.

”Caranya menggunakan emposan tikus yakni jerami dengan belerang dimasukkan dalam emposan lalu dibakar. Asap yang mengandung belerang tersebut membuat tikus keluar dari liangnya lalu ditangkap,” terangnya.

Sementara itu menurut salah seorang petani asal Desa Undaan Kidul, Suprapto menyambut baik upaya yang dimotori Koramil tersebut. Jika penggropyokan semacam itu dilakukan secara kontinyu, dia yakin hama tikus tidak akan merajarela.

”Pemberantasan hama tikus memang harus dilakukan sejak awal sebelum tikus berkembang biak. Tingkat kerusakan tanam oleh hama tikus jauh lebih parah dibandingkan dengan jenis hama lainnya, karena tikus memakan bonggol padi yang usia tanamannya masih sekitar satu bulan,” pungkasnya. (BJ12)