Home News Update KONI Jateng Buka Pendaftaran Ketua Umum

KONI Jateng Buka Pendaftaran Ketua Umum

KONI Jateng Buka Pendaftaran Ketua Umum

KONI Jateng Buka Pendaftaran Ketua UmumSemarang, 27/11 (Beritajateng.net) – KONI Provinsi Jawa Tengah membuka pendaftaran bagi ketua umum untuk periode dua tahun mendatang setelah ketua umum sebelumnya Tutuk Kurniawan mengundurkan diri karena tersangkut masalah hukum.

Ketua Tim Penjaringan Calon Ketua Umum KONI Jateng, John Richard, di Semarang, Kamis, mengatakan pendaftaran ketua umum dimulai hari ini atau Kamis dan ditutup pada 5 Desember mendatang.

Menurut dia, pada 5 Desember mendatang, calon ketua umum harus melengkapi persyaratan yang ditentukan kemudian induk organisasi olahraga di Jawa Tengah ini menggelar musyawarah olahraga provinsi luar biasa (Musorprovlub) yang digelar di Hotel Patra Semarang, 6 Desember 2014.

Ia mengatakan untuk menjadi ketua umum KONI Jateng, panitia telah merumuskan kriteria dan persyaratan khusus. Kriteria umum sesuai anggaran rumah tangga KONI Bab IV bagian kesepuluh pasal 27 soal kriteria ketua umum.

Dalam pasal tersebut dinyatakan bahwa ketua umum mempunyai kemampuan manajerial, pengabdian dan waktu yang cukup untuk mengelola organisasi olahraga, mampu menjadi pengayom dan pemersatu unsur masyarakat olahraga, mempunyai visi yang luas dalam membina olahraga prestasi.

Kemudian mampu menjalin kerja sama dengan badan-badan usaha dan instansi terkait untuk menunjang pembinaan olahraga prestasi, serta mampu menggalang kerja sama dengan badan-badan keolahragaan tingkat nasional.

Sementara itu persyaratan khusus, kata dia, adalah tidak melanggar Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2007. Kemudian berdomisili di wilayah hukum Jawa Tengah minimal satu tahun terakhir dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk.

Kemudian persyaratan khusus ketiga adalah calon ketua umum pernah menjadi pengurus inti cabang olahraga tingkat provinsi sekurang-kurangnya satu periode kepengurusan. “Pengurus inti yang dimaksudkan seperti ketua umum, wakil ketua umum, sekretaris umum, atau bendahara,” katanya.

Ketika ditanya persrayatan khusus soal pernah menjadi pengurus inti cabang olahraga ini, dia mengatakan keputusan ini diambil berdasarkan standar umum pemilihan ketua umum sebelumnya.

“Apalagi ini hanya Pergantian Antarwaktu (PAW) maka syarat tersebut dimunculkan dan kami tidak memiliki maksud apa-apa dengan persyaratan itu. Silakan semua orang sesuai dengan ketentuan itu mendaftar sebagai calon ketua umum,” katanya menegaskan.

Plt Ketua Umum KONI Jateng Hartono mengatakan keputusan untuk menggelar Musorprovlub ini berdasarkan surat dari Ketua Umum KONI Jateng tertanggal 10 November 2014 yang mengundurkan diri dan meminta untuk segera menggelar Musorprovlub.(ant/pj)