Home Headline Komplotan Pembobol Mobil Dibekuk Polisi

Komplotan Pembobol Mobil Dibekuk Polisi

Kawanan pembobol mobil yang diringkus polisi.

Kawanan pembobol mobil yang diringkus polisi.

Semarang 24/4 (Beritajateng.net) – Komplotan spesialis pembobol mobil berhasil dibekuk jajaran Reskrim Polsek Mijen. Satu diantara mereka merupakan pimpinan yang biasa merekrut orang baru untuk diajak beraksi yakni Dedi Nofriyadi (33), warga Tangerang.

Pelaku lain diketahui bernama Sulistiyo Hadi Utomo (33), warga Petompon, Gajahmungkur, dan Lilik Agus Setiawan (25), warga Bekasi.

Kepada polisi Dedi mengaku dalam melakukan aksinya, pelaku menyewa mobil dan sebelum beraksi, mereka berkeliling mencari sasaran. Setelah mendapatkan sasaran, mobil diparkirkan sejajar.

“Biasanya bekerja selalu pakai mobil sewa seharga Rp 200 ribu. Tujuan menggunakan mobil agar gampang mengeksekusi. Kalau ada sasaran mobil saya parkir sejajar, pintu saya buka agar tidak kelihatan. Dari situ ada yang bertugas mencongkel, dan mengambil barang,” jelasnya.

Usai memperoleh barang-barang biasanya langsung membawa kabur barang berharga tersebut untuk dijual.

“Terakhir dapat laptop, rencana mau dijual tapi belum sempat dijual sudah ditangkap,” imbuhnya.

Kapolsek Mijen AKP Sapari mengatakan penangkapan kelompok ini setelah pihaknya menerima laporan dari korban.

“Dari hasil laporan korban mendatangi TKP dan mengecek CCTV yang berada dilokasi. Dari hasil itu kita kembangkan hingga menangkap ketiga pelaku,” katanya.

Dari pengakuan pelaku, mereka sudah melakukan pembobolan mobil tiga kali yakni Genuk, dan Semarang Utara. 

“Jadi kemungkinan besar tiga pelaku ini spesialis dan masih diselidiki ada kemungkinan beraksi ditempat lain,” tuturnya.

Dari tangan pelaku petugas mengamankan dua buah laptop, dan tas laptop, serta mobil Xenia putih sebagai sarana melancarkan aksi.
Akibat perbuatan tersebut pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian, ancamannya maksimal tujuh tahun penjara. (BJ04)