Home Hiburan Komisi X DPR RI Ajak Bangun Wisata Berkearifan Lokal

Komisi X DPR RI Ajak Bangun Wisata Berkearifan Lokal

Fikri Faqih Memberikan Sambutan Kunjungan Spesifik DPR RI di Semarang PKS Jateng

SEMARANG, 23/7 (BeritaJateng.net) – Pariwisata menjadi salah satu komoditas perekonomian yang terus berkembang untuk menyokong keuangan Indonesia, bisa dilihat dari jumlah wisatawan asing yang berdatangan ke Indonesia. Wakil ketua komisi X DPR RI A Fikri Faqih berharap pariwisata berbasis kearifan lokal Indonesia semakin dikenal oleh dunia.

Dalam kunjungan kerja spesifik bersama komisi X di Semarang, Fikri Faqih menyampaikan bahwa Indonesia memiliki sebuah eksotisme alam yang berharga, ia mencontohkan tidak banyak wisata di dunia yang menyuguhkan alam lengkap dengan kehidupan asli monyet seperti di Goa Kreo Semarang.

“Di Inggris kalau mau melihat monyet hanya di kebun binatang, itu kata mereka lho, turis yang datang kesini. Jadi ketika mereka kesini (Goa Kreo), mereka takjub. Ini peluang kita,” Terang anggota fraksi PKS yang juga menjadi ketua rombongan kunjungan kerja komisi X kali ini.

Kekayaan yang ada di Indonesia, tak terkecuali Jawa Tengah, menurut Fikri modal awal untuk bisa membuat sebuah sosioentrepreneur. Kebudayaan, alam, lingkungan, bahkan pola hidup masyarakat mampu untuk dijadikan destinasi pariwisata.

Senada dengan Fikri, Bang Yos salah satu aktifis pariwisata Jawa Tengah mengatakan bahwa Jawa Tengah mempunyai potensi untuk memiliki banyak destinasi Wisata alam. Pariwisata yang juga menyuguhkan budaya dan keanggunan Masyarakat.

Selain itu, bang Yos menyampaikan bahwa infrastruktur untuk menunjang pariwisata harus terus diperbaiki oleh pemerintah atau swadaya Masyarakat.

“Jadi banyak masyarakat yang sudah sadar akan potensi wisata daerahnya. Tapi masih kesulitan dalam promosi Wisata, jadi belum banyak yang tau kalau di situ Ada Wisata” Kata pria asal Bali yang kini tinggal di Jawa Tengah itu.

Goa Kreo merupakan Wisata alam dan sejarah di Kota Semarang, dengan berlokasi di atas bukit menjadikan Goa Kreo tempat tinggal yang nyaman untuk 4 Koloni Monyet. Berpadu dengan Waduk Jatibarang yang selesai dibangun pada tahun 2013, Goa Kreo tidak hanya menjadi Wisata alam yang menyediakan pemandangan landscape perbutikan dan pohon, akan tetapi juga perpaduan air dan bumi.

Dalam Kunjungan Kerja spesifik Komisi X DPR RI ke Semarang, selain berkunjung ke Goa Kreo dan Waduk Jatibarang, rombongan juga akan mengunjungi Gedong Songo, Masjid Agung Jawa Tengah, Sam Poo Kong, dan Kota Lama. (*)