Home News Update Koalisi Gerindra-PAN Buka Pendaftaran Calon

Koalisi Gerindra-PAN Buka Pendaftaran Calon

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 28/4 (BeritaJateng.net) – Koalisi Gerindra-PAN akan segera membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon (balon) walikota-wakil walikota periode 2016-2021 dalam Pilwakot mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Koalisi Gerindra-PAN Hermawan Sulis kepada wartawan di Mugassari, Selasa (28/4). Menurutnya, proses pendaftaran koalisi yang juga disebut sebagai Koalisi Garuda-Matahari ini akan dibuka 1 hingga 7 Mei.

“Adapun pengembalian formulir kami agendakan hingga 10 Mei mendatang,” terangnya.

Dijelaskan, dari proses pendaftaran ini akan dijaring beberapa tokoh masyarakat. Mereka nantinya diharuskan mengikuti prosedur dan mekanisme yang dipersyaratkan.

Usai pendaftaran, tim penjaringan akan melakukan verifikasi teknis terhadap para balon. Hal ini terkait dengan syarat-syarat administratif yang harus mereka penuhi.

“Selanjutnya kami akan menggelar teknikal miting kepada seluruh pendaftar dan peminat yang sudah mengembalikan formulir,” tukasnya.

Koordinator bidang penjaringan balon walikota/wawali Gerindra-PAN, Herlambang menegaskan jika seluruh balon yang sudah diverifikasi akan dikerucutkan usai mereka mengikuti hasil fit and proper test. Setelah itu akan dilanjutkan dengan public hearing melibatkan sejumlah tokoh bidang ekonomi, budaya, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Dengan fit and proper test ini akan diketahui sejauh mana penerimaan public terhadap para balon tersebut. Bahkan jika perlu, dapat pula dilakukan survei yang melibatkan lembaga survei kredibel.

“Adapun penetapan balon walikota/wawali yang diusung Gerindra-PAN ini akan menjadi rekomendasi bagi DPP masing-masing untuk menentukan calon yang akan diusung dalam Pilwakot 2015,” tukasnya.

Beberapa nama yang dipastikan akan mengikuti proses pendaftaran ini di antaranya Soemarmo HS, Jamal Mirdad, Siryanto Saputro, Krisna Bayu (atlet yudo nasional, kader PAN), Yanuar Muncar (Sekretaris DPD PAN Semarang) serta Suhariyanto (Ketua DPC Gerindra). (Bj05)