Home Headline Klaster Hajatan di Blora Terus Bermunculan

Klaster Hajatan di Blora Terus Bermunculan

Tempat Isolasi Terpusat di Blora

BLORA, 18/6 (BeritaJateng.net) – Klaster hajatan terus bermunculan di Kabupaten Blora, Jawa tengah. Puluhan warga terpapar Covid -19 di Desa Sambong, Kecamatan Sambong.

Camat Sambong Nunik Sulistyo Herniyati mengatakan kasus tersebut terjadi pada warga satu RW di Desa Sambong. Sebanyak 45 warga positif Covid -19 usai menghadiri sebuah hajatan.

“Ada 45 yang terpapar. Kasus berawal dari orang punya hajatan pada tanggal 2 Juni, yang membantu bekerja tanggal 7 Juni meninggal terus antigennya positif,” kata Nunik, Kamis (17/6).

Ditambahkan Nunik, pada tanggal 11 Juni dilakukan kontak tracking terhadap 52 orang. Dan pada tanggal 14 Juni, hasilnya sebanyak 44 orang dinyatakan positif.

“Kan swabnya tanggal 11 Juni, hasilnya keluar 14 kemarin, 44 positif melalui PCR,” jelasnya.

Nunik mengungkapkan kondisi para pasien saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah. Sebanyak 3 warga menjalani perawatan di rumah sakit.

“Kondisinya 3 orang dirawat di RS Magetan, Padangan dan Cepu. Lainnya bergejala ringan hanya termasuk OTG,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran covid 19, saat ini dilakukan mikro lockdown di Desa tersebut. Segala bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan masa untuk sementara dilarang.

“Dilakukan mikro lockdown sejak Jumat kemarin. Untuk sementara semua kegiatan warga di Kecamatan Sambong, kumpul-kumpul, sedekah bumi dan hajatan dilarang sesuai nota kesepahaman di Polres kemarin,” paparnya.

Saat dilakukan penjemputan terhadap warga yang diyatakan positif oleh satgas covid 19 kecamatan untuk dibawa ke tpat isolasi terpusat di hotel Mega Bintang kecamatan Cepu.