Home Lintas Jateng Kikil Mengandung Formalin Beredar di Pemalang

Kikil Mengandung Formalin Beredar di Pemalang

937
Petugas mengecek kikil yang diduga mengandung formalin

Pemalang, 27/6 (BeritaJateng.net) – Tim gabungan dari Dinas Pertanian dan Kehutanan, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Perekonomian, Kantor Ketahanan Pangan, Bagian Humas berhasil menemukan kulit sapi atau kikil yang mengandung formalin yang dijual pedagang di Pasar Pagi Pemalang. Ironisnya dari empat yang diambil sampelnya ternyata tiga diantaranya positif mengandung formalin.

Drh Agus Dalwan disela-sela pemantauan, Senin (27/6), membenarkan bahwa dari hasil pengambilan sampel memang ditemukan adanya kulit daging sapi yang mengandung formalin, dan dari 4 yang dicek memang 3 diantaranya positif mengandung. Kepastian kandungan ini diperoleh setelah dilakukan pemeriksaan secara teknis di kantor.

“Dalam pengetesan menggunakan kertas khusus apabila daging atau kikil mengandung formalin maka akan keluar warna seperti pelangi, dan pengecekan ini telah dilakukan berulangkali,” katanya.

Saat ditanyakan ternyata pedagang tersebut tidak mengolah kulit sapi sendiri, melainkan ia mendapatkan dari pemasok di Pekalongan, sehingga tidak mengetahui apakah barang yang dibelinya mengandung bahan kimia atau tidak.

Sementara itu untuk pengecekan kualitas daging sapi maupun ayam yang diperdagangkan secara umum masih tergolong baik, baik kandungan air maupun kesegerannya, saat dilakukan pengecekan dengan menggunakan alat tes kandungan air ternyata hasilnya masih dalam ambang batas yang diperbolehkan. Atau dengan kata lain tidak ada daging glonggongan. (BJ33)

Advertisements