Home Ekbis Khusus IKM, DKP Dapat Gantikan SVLK

Khusus IKM, DKP Dapat Gantikan SVLK

svlk

Jepara, 28/4 (BeritaJateng.net) – Direktur Bina Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dwi Sudharto menyatakan, bagi pelaku industri kecil menengah, sertifikat SVLK bisa digantikan dengan berkas Deklarasi Kesesuaian Pemasok (DKP). Pasalnya, untuk penerbitan SVLK berkas yang dibutuhkan dirasa memberatkan pelaku usaha kecil.

“Itu sebabnya saya minta kepada masing-masing kepala daerah untuk mempermudah pelaku-pelaku usaha kecil ini menerbitkan ijin usaha untuk membuat DKP,”  ujar Dwi dalam lokakarya jurnalis SVLK.

Disampaikan Dwi, berkas DKP dapat dijadikan sebagai pengganti SVLK bagi tempat penampungan terdaftar (TPT), industri rumah tangga/pengrajin (IRT/P), dan pemilik hutan hak. Sementara bagi industri yang bahan baku kayunya berasal dari hutan hak, dapat menfasilitasi pemasoknya untuk mendapatkan SLK atau menerbitkan DKP.

Sebelumnya, besarnya biaya pengurusan dan banyaknya berkas persyaratan pembuatan SVLK membuat pelaku IKM kelabakan. Ketua Asosiasi Perajin Kecil Jepara (APKJ), Margono, menyampaikan, salah satu penyebab perajin enggan mengurus SVLK karena mereka tidak terbiasa dengan penataan dokumen dan syarat administratif lainnya.

“Fokus perajin adalah bisa berproduksi, jadi dengan adanya SVLK cenderung lebih menyulitkan perajin apalagi biaya pengurusannya juga besar. Kalau untuk industri besar memang tak masalah,” ujar Margono.

Hingga kini, Margono melanjutkan, perajin sudah cukup mendapatkan hambatan dalam proses produksi.  Selain harga kayu yang selalu naik tiap tahun, dengan memiliki SVLK perajin belum tentu memperoleh nilai tambah. Margono meminta agar kebijakan SVLK bagi perajin ditinjau ulang dan disesuaikan dengan kondisi perajin di lapangan. (BJ18)