Home Hiburan KFS Didaulat Jadi Tuan Rumah SFI 2015

KFS Didaulat Jadi Tuan Rumah SFI 2015

image
Panitia Salon Foto Indonesia 2015

Semarang, 1/3 (BeritaJateng.net) – Semarang akhirnya kembali menjadi tuan rumah pelaksana ajang bergengsi insan fotografi Nasional, Salon Foto Indonesia (SFI) ke-36 pada Oktober 2015 mendatang.

Komunitas Fotografer Semarang (KFS) mendapatkan kepercayaan sebagai penyelenggara SFI 2015 setelah melalui proses yang cukup panjang dalam rapat kerja (Raker) Federasi Perkumpulan Seni Foto Indonesia (FPSI).

Dalam rapat kepanitiaan Salon Foto Indonesia (SFI) 2015 beberapa waktu yang lalu, Lim Winasdy Ketua KFS sekaligus ketua panitia penyelenggara SFI 2015 mengatakan, Salon Foto Indonesia merupakan ajang lomba dan pameran foto yang tujuannya untuk memperoleh gelar sekaligus pengakuan bagi insan fotografi Indonesia.

Nantinya, lanjut Lim Winasdy, gelar yang diperoleh dalam ajang ini merupakan prestasi tersendiri yang sifatnya seumur hidup.

“Semarang sebelumnya pernah menjadi tuan rumah SFI pada tahun 2002, setelah 12 tahun berlalu, akhirnya Semarang lewat KFS dipercaya kembali menjadi penyelenggara kegiatan akbar ini,” tuturnya.

Penentuan tuan rumah SFI ke-36 tahun 2015 sebelumnya sempat diwarnai perdebatan yang cukup panjang. Pasalnya ada dua calon klub atau komunitas pelaksana yang mengajukan diri, yakni KFS (Komunitas Fotografer Semarang) dan Klifonara (Klub Seni Fotografi Bina Nusantara) Jakarta.

Setelah melalui proses musyawarah panjang dan belum mengacu pada kata sepakat, akhirnya diambil kebijakan dengan cara voting dan KFS terpilih karena memperoleh suara terbanyak dalam Raker FPSI di Medan.

KFS juga turut menggandeng beberapa komunitas dan klub fotografi di Semarang untuk ikut serta membantu dalam kepanitiaan Salon Foto Indonesia 2015.

“Seperti motto kami One for all, all for one, kami coba menyatukan fotografer Semarang untuk kemajuan fotografi di kota ini. Harapannya, dengan dijadikannya Semarang sebagai tuan rumah SFI 2015 dapat semakin menggairahkan kegiatan fotografi di Semarang,” paparnya.

Rangkaian kegiatan SFI Semarang, lanjutnya, di mulai sejak Juni hingga Desember, dengan rangkaian kegiatan berupa Registrasi dan Penerimaan Foto yang akan dilombakan pada Juni hingga September 2015. Kegiatan akan dilanjutkan dengan Munas FPSI, Penjurian Foto, serta Hunting fotografi yang dilaksanakan pada 15-18 October 2015.

Dan puncak acara akan digelar pada bulan December yakni Pameran dan Penyerahan Medali kepada pemenang lomba Salon Foto Indonesia. (Bj05)