Home Headline Ketua DPRD Jateng Minta Sekda Bisa Jalin Komunikasi dengan Baik

Ketua DPRD Jateng Minta Sekda Bisa Jalin Komunikasi dengan Baik

SEMARANG, 8/10 (Beritajateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari ini Jumat (8/10/21) melantik Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng, Sumarno sebagai Sekda Jateng definitif.

Pelantikan Sumarno dilaksanakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja, kompleks kantor gubernur Jateng. Acara pelantikan dimulai dengan pembukaan amplop berisi nama Sekda terpilih dari Presiden Joko Widodo.

Sumarno merupakan Sekda hasil lelang jabatan yang digelar Ganjar. Sumarno terpilih usai bersaing ketat dengan sejumlah kandidat lain. Dan di seleksi akhir tiga nama yang disetorkan ke Presiden Jokowi, Sumarno terpilih dari kandidat lain yakni Kepala Dinas ESDM Jateng, Sujarwanto dan Kepala BPSDM Jateng, Arief Irwanto.

Pelantikan ini merupakan proses Panjang dan sempat membuat jabatan Sekda Jateng kosong selama sekitar dua tahun dan hanya diisi oleh Penjabat (PJ) yakni Herru setyadi dan kemudian Prasetyo Aribowo.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bambang Kusriyanto menyambut baik dilantiknya Sumarno sebagai Sekda Jateng. Bambang mengharapkan agar Sumarno bisa menjalin komunikasi yang baik dengan semu pihak termasuk dengan DPRD Jateng agar program pembangunan di Jawa Tengah bisa berjalan de3ngan baik dan lancar.

“Ya selamat bekerja sesuai kewenangannya dan bisa berkomunikasi ddengan semua pihak sehingga harapan masyarakat Jateng dalam hal pembangunan dan kesejahteraan bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut politisi yang akrab disapa Bambang Krebo ini juga mengharapkan, setelah pelantikan Sekda ini pejabat pejabat eselon 2 yang saat ini kosong diminta untuk segera diisi mengingat saat ini banyak jabatan eselon 2 yang dijabat oleh pelaksana harian (PlH).

“Sebaiknya jabatan eselon 2 yang saat ini banyak kosong segera diisi biar tidak mengganggu kinerja pemerintahan,” katanya.

Selain menghambat pemerintahan kondisi ini juga menghambat karir ASN. Sebab sampai sekarang belum ada lelang lagi untuk mengisi jabatan yang kosong.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat misalnya saat ini dijabat Yulianto Prabowo sebagai Plh. Yulianto saat ini juga Kepala Dinas Kesehatan Jateng. Adapun Asisten Administrasi dijabat Sumarno sebagai Plh. Sumarno baru saja dilantik jadi Sekda.

Sementara Asisten Ekonomi Pembangunan dijabat definitif oleh Peni Rahayu. Namun Peni saat ini juga menjabat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jateng.

Masih ada Kepala Dinas Pendidikan yang dirangkap oleh Yuni Astuti Kepala Biro Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa.

(NK)

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 4 =