Home Ekbis Kenaikan BBM Membingungkan

Kenaikan BBM Membingungkan

image

Semarang 10/4 (BeritaJateng.net)-Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dinilai membingungkan karena dalam hitungan hari bisa berubah. Hal itu juga menjadi masalah pada jasa transportasi umum.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (ORGANDA), Wasi Darono mengatakan semua barang mengalami kenaikan akibat naiknya BBM. Belum lagi saat BBM turun, para pedagang enggan menurunkan harga.”Kenaikan BBM tidak menguntungkan bahkan menyengsarakan pemakai jasa transportasi,”ujarnya saat ditemui di Kantor Dewan Pimpinan Cabang Organda Kota Semarang, Jumat (10/4).

Apalagi kebijakan Pemerintah yang dinilai mudah berubah dalam mengumumkan naik turunnya harga BBM.  Sebagai ketua Organda, ia mengatakan hanya menyesuaikan tarif dari pusat atas persetujuan Pemerintah terkait tarif angkot.Menurutnya alangkah baiknya bila pemerintah memperhatikan nasib pengguna transportasi atau memberikan harga khusus.

Ia mengatakan apabila harga naik itu juga untuk Pemerintah, jika harga turun untungnya juga untuk Pemerintah. Diharapkan ada bantuan yang disalurkan pada pemberian pengganti biaya transportasi bagi pelajar/mahasiswa supaya lebih murah.

Berdasarkan informasi dari sopir angkot, salah satunya Suparno (60) tarif angkot naik Rp 1.000 sekali jalan. Menurutnya mereka hanya mengikuti instruksi pusat. Imbasnya lebih dirasakan pada masyarakat dengan mata pencaharian yang tidak menentu. (Mg-1)