Home News Update Kemerdekaan Pendidikan Melalui Teknologi Informasi untuk Tingkatkan Kompetensi di Era Industri 4.0

Kemerdekaan Pendidikan Melalui Teknologi Informasi untuk Tingkatkan Kompetensi di Era Industri 4.0

371
Kemerdekaan Pendidikan Melalui Teknologi Informasi untuk Tingkatkan Kompetensi di Era Industri 4.0

Demak, 21/8 (BeritaJateng.net) – Dunia pendidikan hendaknya terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Terlebih di era industri 4.0, baik pendidik (guru) maupun siswa dituntut agar terus meningkatkan kompetensinya.

Pendidikan tidak hanya dilakukan dengan pertemuan tatap muka saja, akan tetapi juga harus bisa memanfaatkan teknologi informasi, terutama yang menunjang dunia pendidikan.

Salah satu teknologi informasi yang menunjang pendidikan di tanah air yakni aplikasi Aku Pintar.

“Aplikasi Aku Pintar adalah sebuah platform edukasi berbasis teknologi terlengkap di Indonesia saat ini, yang telah digunakan oleh lebih dari 320 ribu pelajar di seluruh Indonesia,” kata CEO Aku Pintar Lutvianto Pebri, seusai sosialisasi aplikasi Aku Pintar di SMKN 1 Sayung, Selasa (20/8/2019).

Pebri menambahkan, aplikasi Au Pintar tidak hanya tersedia untuk para pelajar tingkat SMA saja, tetapi telah dikembangkan untuk pelajar tingkat SMP dan tingkat SMK.

Aplikasi Aku Pintar dilengkapi oleh berbagai fitur, yaitu diantaranya adalah Tes Minat Bakat dan Penjurusan, Database Kampus dan Penjurusan terlengkap, Materi Pembelajaran Online, Try Out Ujian Online, Live Teaching, Perkumpulan Komunitas Pemerhati Pendidikan, Informasi Seputar Pendidikan, dan diskusi interaktif sehubungan dengan pendidikan.

“Kami (Aku Pintar) mempunyai visi menjadi Edutech acuan yang memberdayakan ekosistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM menuju Indonesia Pintar,” ujarnya.

Aku Pintar sambung Pebri, terus mengembangkan beragam layanan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Fitur Konseling Online, misalnya, merupakan salah satu fitur terbaru Aku Pintar yang menjawab kebutuhan para pelajar ketika menghadapi kendala atau masalah. Sehingga melalui aplikasi Aku Pintar nantinya akan menjembatani para pelajar yang memiliki kendala atau masalah dan menemukan solusi atau jawaban.

“Melalui fitur Konseling Online ini, pihak konselor dan psikolog juga dapat melakukan sumbangsih terhadap profesi kerja,” ungkapnya.

Inovasi yang terbaru dari Aku Pintar yakni adanya Bantuan Pintar, dimana Aku Pintar berkerja sama dengan Fintech Edukasi yang terdaftar di OJK untuk memberikan bantuan pendanaan kepada para pelajar yang memiliki kendala keuangan untuk melanjutkan pendidikan, baik formal dan non-formal.

“Aku Pintar bekerja sama dengan lembaga pemberi bea siswa baik dari korporasi maupun yayasan bagi pelajar yang tidak mampu agar dapat melanjutkan pendidikan yang layak, serta mengembangkan tes kemampuan untuk mengetahui pengembangan kemampuan bagi siswa,” kata Pebri.

Menurut Pebri, team Aku Pintar memiliki optimisme dalam mengembangkan ekosistem pendidikan di Indonesia melalui aplikasi Aku Pintar. Keberadaan aplikasi Aku Pintar nyata dalam meningkatkan kualitas SDM untuk berkompetensi di era Revolusi Industri 4.0.

“Adanya dukungan dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dan juga Dinas Pendidikan di setiap daerah di Indonesia telah membuktikan adanya tanggung jawab pendidikan bersama dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa Republik Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, Saiful Arifin Waka Kesiswaan SMKN 1 Sayung, menyambut baik adanya aplikasi pendidikan Aku Pintar karya salah satu putra terbaik bangsa ini. Menurutnya Aku Pintar memudahkan siswa dalam mewujudkan impian setelah lulus dari sekolah.

“Aku Pintar ini bagus. Siswa dapat mengetahui apa yang menjadi minat serta bakatnya baik di bidang akademik maupun non akademik,” kata Pak Ipul sapaan akrabnya. (El)