Home Hukum dan Kriminal Kemenkumham Akan Tindak Tegas Petugas Sipir Terlibat Narkoba

Kemenkumham Akan Tindak Tegas Petugas Sipir Terlibat Narkoba

image

Semarang, 12/6 (Beritajateng.net)-Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly peringatkan keras pada petugas lapas atau sipir agar tidak terlibat narkoba.

Adapun narapida kasus narkoba lebih dari 50 persen dari 341  penghuni LP Wanita.Hal itu diungkapkan Menteri Hukum dan HAM ketika melakukan kunjungan kerja, Jumat
(12/6) sore di LP Wanita Kelas II Bulu,

Mengingat banyak napi maupun tahanan narkoba, maka Kemenkumham menghimbau kepada karyawan maupun pejabat di lingkungannya, khususnya sipir jangan sekali sekali bermain dengan barang haram tersebut.

“Kami akan menindak tegas segala bentuk tindakan petugas yang coba-coba bermain atau membantu berperan menyelundupkan narkoba dalam lapas. Apapun tindakan apabila terbukti akan segera dipecat”, tegas Yasonna Laoly.

Yasonna menambahkan langkah tegas itu dilakukan karena dari data dan banyaknya media atas pemberitaan tentang peran petugas sipir turut membantu menyelundupkan narkoba.

“Ingat negara ini statusnya memerangi Narkoba, jadi negara kucurkan dana untuk program memberantas narkoba,”terangnya.

Lebih lanjut seperti contoh dalam waktu sekarang ini sudah ada sekitar 60 petugas yang terlibat kasus narkoba dan 41 orang diantaranya tengah diproses. Bahkan, belum lama ini ada dua sipir  tertangkap basah bekerja sama dengan napi untuk mengedarkan narkoba. Kedua sipir LP Cipinang yakni Ad dan Her langsung ditindak tegas.

“Kemarin sudah dipecat. Pemecatan itu disaksikan oleh semua petugas yang ada di Kemenkumham. Jadi ini memang benar dipecat. Sebagai sinyal tidak ada toleransi bagi sipir, karyawan sampai pejabat yang terlibat kasus narkoba”, tegasnya.(BJ04)