Home Lintas Jateng Kemenkumham Akan Bantu Renovasi Bangunan Lapas Wanita Bulu

Kemenkumham Akan Bantu Renovasi Bangunan Lapas Wanita Bulu

image

Semarang, 12/6 (Beritajateng.net)-Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly prihatin melihat bangunan bengkel kerja Lapas kelas II A Wanita Bulu Semarang mulai rapuh.

Satu bangunan yang hampir rapuh itu merupakan bangunan cagar budaya. Hal itu diungkapkan saat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah Lapas di Jateng, Jumat (12/6).

“Kami akan bantu rehabilitasi, namun sebelumnya akan koordinasikan dengan Pemda,Gubernur atau Wali Kota,” katanya.

Yasonna menambahkan dengan adanya bengkel ketrampilan tersebut bisa membuat para penghuni dapat ketrampilan kerja.

“Bangunan bengkel kerja yang hampir rapuh segera direnovasi. Agar semua penghuni bisa produktif menghasilkan kerajinan-kerajinan,”imbuhnya.

Kepala Lapas Wanita Semarang Suprobowati menyebut bahwa satu bangunan bengkel kerja di Lapas Wanita itu memang sudah tua karena dibangun sejak 1894.

“Jadi bangunan itu sudah berumur 121 tahun, Sekarang sudah tidak digunakan sejak Januari tahun 2015 karena berbahaya dan takutnya roboh,”tuturnya.

Renovasi bangunan cagar budaya itu sempat terhambat karena cagar budaya harus dibangun kembali ke bentuk semula, padahal dana perbaikan tidak mencukupi untuk itu.

“Kami sudah mediasi sama Pemkot dan Cagar Budaya. Hasilnya boleh direnovasi asalkan kembali seperti semula bangunannya,”jelasnya.

Suprobowati menambahkan pihaknya sudah mengajukan biaya sekitar Rp 1 miliar namun disetujui 30 persennya.

“Sudah ajukan biaya sekitar Rp1 miliar, namun hanya disetujui 30 persen atau Rp 300 juta. Kami akan ajukan lagi di anggaran 2016,” pungkasnya.(BJ04)