Home Lintas Jateng Kemacetan Lalu Lintas Solo Terpantau dari CCTV

Kemacetan Lalu Lintas Solo Terpantau dari CCTV

Kondisi macet parah di jalanan

SOLO, 2/7 (BeritaJateng.net) – Pemasangan 35 CCTV di traffic light yang ada di kota Solo diharapkan bisa membantu mengurai kepadatan lalu lintas dengan lebih baik.

Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Ari Wibowo menjelaskan ada penambahan 4 titik baru sehingga totalnya ada 35 CCTV  yang dipasang di lokasi strategis dan titik rawan kemacetan.

“Dengan begitu sudah terpasang sekitar 35 CCTV. Empat diantaranya ada di Tugu Makutha, Persimpangan Tugu Wisnu Manahan, simpang tiga Sumber, serta lampu lalu lintas Kelurahan Sumber,” jelas Ari di Solo Jawa Tengah.

Sebelumnya ungkap Ari di salah satu lokasi tersebut (simpangan tugu wisnu) sebelumnya sudah ada CCTVnya namun cctv yang bersifat fixed (tidak bisa berputar arah).

“Saat ini CCTVnya sudah diganti dengan kamera yang berputar dan traffic light yang ada cctv-nya semua sudah tersambung ke cc-room (central control room). Bisa kita kendalikan dari sana,” jelasnya.
Pantauan di beberapa lokasi kemacetan sudah terlihat di sekitar bunderan Stadion Manahan Solo, juga sekitar lampu merah Tirtonadi dari arah Nusukan, Kadipiro juga terjadi kemacetan.

Sementara itu Ketua Angkutan Lebaran 2016 Dishubkominfo Solo,  Anindito Prayogo menjelaskan pihaknya juga mendirikan rest area pada enam titik lokasi di kota Solo.

Pembangunan enam rest area di Kerten, Simpang tiga Faroka (Jl Slamet Riyadi), Jurug (Jl Ir Sutami), Terminal Tirtonadi, Gedung Purna Yudha (Jl Adi Sucipto), dan di Kadipiro dan mulai aktif hari Senin (27/6/2016) kemarin.

“Rest area ini di bangun di titik yang setrategis, dan dilalui banyak  pemudik,” paparnya.

Rest area ini akan menyediakan  toilet portabel yang bisa digunakan para pemudik. Menambah kenyamanan pemudik rest area juga dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis, pijit gratis, dan fasilitas kesehatan. (Bj24)