Home Lintas Jateng Kekurangan Stok Oksigen, Ini Solusinya

Kekurangan Stok Oksigen, Ini Solusinya

Pengusaha Asal Blora, Kurniawan.

BLORA, 26/6 (BeritaJateng.net) – Banyak negara di masa pandemi ini yang kehabisan stok oksigen. Sehingga mengakibatkan angka kematian pasien covid 19 tinggi.

Bahkan Pemerintah sudah mengambil kebijakan bahwa stok oksigen ada, diutamakan untuk rumah sakit, namun masih saja kekurangan atau langka.

Dan yang butuh oksigen itu bukan saja pasien covid saja, namun juga yang isolasi mandiripun juga butuh oksigen.

Menurut Kurniawan (42) seorang pengusaha muda asal Blora, Jawa Tengah. Tuhan sudah menyediakan oksigen di alam bebas yang dihirup seluruh umat manusia di dunia, kenapa tidak dimanfaatkan.

Sedangkan kebutuhan oksigen yang ada dalam tubuh manusia normalpun, tidak 100% oksigen. Karena orang merokokpun masih bisa menghirup oksigen.

Artinya oksigen yang diberikan kepada pasien covid 19 melalui hidung itu juga tidak 100% oksigen, karena kemampuan paru-paru untuk menerima oksigen sudah tidak maksimal.

“Jadi kekurangan pasokan oksigen itu bisa diatasi dengan peralatan yang ada di masyarakat dengan penggunaan, seperti kompresor angin yang dimasukan kedalam tabung. Cuman masih disaring dengan air mineral, sehingga pengotor pengotor itu masih bisa disaring oleh air mineral, ” ungkap Kurniawan (Jumat, 25/6/2021).

Ada pertanyaan yang tidak terjawab oleh banyak orang, lanjutnya, kenapa pada pasien covid 19 harus diberi oksigen 100%, tentu tidak.

“Padahal pada manusia normal, kita bernafaspun oksigen yang diserap tidak 100%, ” jelasnya.

Menurutnya kekurangan stok oksigen itu bisa dijembatani oleh pihak pihak terkait, instansi terkait, melalui penggunaan peralatan yang ada di masyarakat, misalnya kerjasama dengan vulkanisir ban dan sebagainya.

Ditambahkan Kurniawan, melalui oksigen yang sebenarnya sudah disediakan Tuhan, dengan cara pakai kompresor untuk mengisi tabung oksigen itu bisa menjadi alternatif, sehingga kelangkaan oksigen yang terjadi dimasyarakat itu bisa diatasi.

Ia berharap ini menjadi salah satu solusi kelangkaan oksigen selama ini. Selain itu bisa memberdayakan masyarakat atau pelaku usaha vulkanisir ban ataupun tambal ban.

Manfaatnya bisa membantu mengangkat ekonomi masyarakat bawah. Kalau hanya mengandalkan suplayer saja, akan banyak kematian.

“itu kan sebenarnya hanya membantu memasukan udara kedalam paru paru, karena kesulitan saluran pernafasan kita, tidak bisa menyerap okaigen dalam jumlah banyak,” pungkasnya. (Her/El)