Home Hukum dan Kriminal Kejari Tetapkan Ketua KSIA Sebagai Tersangka CSR PTPN IX 

Kejari Tetapkan Ketua KSIA Sebagai Tersangka CSR PTPN IX 

Kejari selidiki kasus CSR PTPN IX

 

Semarang, 11/5 (BeritaJateng.net) – Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejari) kota Semaramg menetapkan Ketua Koperasi Sinergi Inti Artha (KSIA) Zaenal Arifin (ZA) sebagai tersangka dugaan Korupsi penyaluran dana program kemitraan atau dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Perseroan Terbatas Perkebunan Negara (PTPN) IX Semarang tahun 2012 sebesar Rp 1,250 miliar melalui lembaga penyalur KSIA kepada 66 mitra binaannya.

Penetapan tersangka ZA tersebut diketahui dikeluarkan berdasarkan surat Nomor: PRINT-02/O.3.10/Fd.1/04/2016 tertanggal 27 April 2016 lalu yang dikeluarkan penyidik Kejari Semarang.

Kasi Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) Sutrisno Margi Utomo membenarkan jika pria berinisial ZA telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 27 April 2016 lalu.

Hal ini didasari perundang-undangan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Saat ini sudah lebih dari 30 saksi mitra binaan yang kami periksa, termasuk dari pihak koperasi dan PTPN IX, bahkan salah satu mitra binaannya adalah Jeng Ratu sebagai salah satu koordinator kelompok,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penyidik Perkara, Mona Simanjuntak menerangkan jika penetapan tersangka ZA juga sudah dijadikan salah satu lampiran mengajukan permohonan Penetapan Penggeledahan di Kantor KSIA yang diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

”Kami menduga saat ini ZA sudah bersembunyi karena alamat di Banyumanik setelah kami cek ternyata milik mertuanya. Kami juga sudah memanggil ZA sampai 3 kali sebagai saksi dan 2 kali sebagai tersangka, tapi hasilnya selalu mangkir,” imbuhnya. (MG2)