Home Hukum dan Kriminal Kejari Tetapkan Tersangka Kasus Penyimpangan Dana Program Semarang Pesona Asia

Kejari Tetapkan Tersangka Kasus Penyimpangan Dana Program Semarang Pesona Asia

Ilustrasi

Semarang, 5/1 (Beritajateng.net) – Kejaksaan Negeri Kota Semarang menetapkan seorang tersangka dalam dugaan penyimpangan program wisata pemerintah kota setempat tahun 2007 yang dikenal dengan Semarang Pesona Asia.
Kepala Kejaksaan Negeri Semarang Asep Mulyana di Semarang, Senin, mengatakan, tersangka yang ditetapkan tersebut merupakan pejabat pengguna anggaran dalam program tersebut berinisial H. “Status perkaranya dinaikkan menjadi penyidikan mulai hari ini,” kata Asep.
Dari tersangka berjenis kelamin perempuan tersebut kejaksaan telah menemukan bukti awal atas dugaan korupsi yang terjadi tahun 2007 tersebut.”Salah satunya ada dugaan anggaran ganda dalam pelaksanaan program tersebut,” katanya.
APBD telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,5 miliar untk program pariwisata tersebut. Sementara, lanjut Asep, ada pula dana bantuan dari sponsor berupa uang tunai sebesar Rp800 juta dan properti senilai Rp1,5 miliar.”Pengelolaan dana SPA ini amburadul dan tidak transparan,” katanya.
Selain itu, kata dia, kejaksaan juga menduga ada aliran dana ke rekening pribadi. Berdasarkan hasil perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Jawa Tengah, lanjut dia, kerugian negara yang terjadi diperkirakan mencapai Rp1 miliar.
Sebelumnya, kegiatan promosi pariwisata Kota Semarang yang dinamai “Semarang Pesona Asia” digelar pada 2007.
Kegiatan tersebut dibiayai dengan APBD sebesar Rp3,5 miliar. Kejaksaan menduga terdapat aliran dana dari pihak ketiga yang tidak dilaporkan dalam kegiatan tersebut.(ant/Bj02)

Advertisements