Home Lintas Jateng Kegiatan Ramadhan di USM Dibuka Untuk Umum

Kegiatan Ramadhan di USM Dibuka Untuk Umum

image

Semarang, 23/6 (BeritaJateng.net) – Selama bulan Ramadhan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan digelar Universitas Semarang (USM). Seluruh kegiatan sosial dan keagamaan ini diperuntukkan untuk umum, tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja.

Untuk kegiatan keagamaan misalnya, USM adakan kajian Duha setiap hari Selasa dan Kamis, pukul 08.00 WIB di Masjid USM, jalan Soekarno Hatta Semarang.

Pada hari Selasa kajian Duha ini dipimpin oleh Dr.H.M. In’amuzzahidin, MA (pengasuh Ponpes Nurul Hidayah), dengan mengangkat tema “Mutiara Tasawuf”. Sedangkan pada hari Kamisnya dipimpin oleh Dr. Ma’mun Efendi (Dosen UIN Walisongo), dengan tema “Aktualisasi Fiqih”. Pada kajian Duha ini, jamaah yang hadir juga diberi kesempatan untuk bertanya terkait tema yang dibicarakan.

Sementara itu, Syaiful Hadi, M.Kom selaku takmir masjid USM, saat diwawancarai hari ini Selasa (23/6), menuturkan setiap hari setelah shalat Zuhur juga diadakan kajian kitab kuning “Ta’limul Muta’alim” yang dipimpin Syaiful Hadi sendiri.

“Kemudian ditempat yang sama kami juga mengadakan buka bersama setiap hari, dihadiri kurang lebih seratusan orang, baik dari mahasiswa disini maupun masyarakat umum lainnya” ujarnya.

Menurut Syaiful, lanjutnya buka bersama ini panitia menyediakan berbagai makanan dan minuman diantaranya nasi kotak, kurma, es buah, dan makanan ringan lainnya.

“Sebelum buka bersama, kami berikan kultum terlebih dahulu, pukul 17.15 WIB biasanya sudah dimulai” tambahnya.

Tidak hanya itu, terkait kegiatan sosial, Syaiful mengatakan rencananya pada tanggal 6 Juni 2015 pagi, bertempat di Auditorium akan diadakan santunan anak yatim dan bazar murah.

“Kemudian sehari sebelum hari raya, kami juga akan membagikan zakat fitrah kepada yang berhak menerimanya ” jelasnya. (Mg-2)