Home Lintas Jateng Kecelakaan Maut, Bus Rukun Sayur Telah Kantongi Ijin Angkut Pemudik

Kecelakaan Maut, Bus Rukun Sayur Telah Kantongi Ijin Angkut Pemudik

IMG_20150714_170938
Karanganyar, 15/7 (BeritaJateng.net) – Kecelakaan bus Rukun Sayur yang terjadi di Tol Palikanci yang mengangkut para pemudik dari Jakarta mengakibatkan 11 orang meninggal dunia dan penumpang lainnya mengalami luka.

Bus Rukun Sayur yang mengantongi  ijin trayek Solo – Tawangmangu ini mengalami insiden kecelakaan di Tol Palikanci di Cirebon. 

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi  dan Dishubkominfo sebelumnya melakukan sidak uji kelayakan bus angkutan lebaran di sejumlah garasi bus yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar. Uji kelayakan tersebut menjadi salah satu syarat yang ditentukan sebagai syarat untuk angkutan mudik lebaran. 

Rohadi mengaku bahwa sidak yang dilakukannya bersama Dishubkominfo Karanganyar efektif untuk dilakukan. 
Dan bus Karanganyar AD – F yang terdaftar untuk  mengangkut pemudik hanya 67 bis saja. 

“Saat dilakukan sidak uji kelaikan jalan semua kondisinya baik,” jelas Rohadi ketika dihubungi, Selasa (14/7/2015).

Rohadi juga menyatakan sebelum bus berangkat pengecekan kondisi bus sudah dilakukan, dan ijin bus yang mengalami kecelakaan tersebut kepengurusan ijin angkut mudiknya langsung ke propinsi. 

Ijin trayek bus Rukun Sayur adalah Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Namun ijin untuk mengangkut para pemudik lebaran bus Rukun Sayur ini mengantongi ijin khusus yang dikeluarkan oleh pihak Provinsi.

Kepala Dishubkominfo Karanganyar Agus Cipto Waluyo ketika dihubungi wartawan mengaku belum tahu pasti kronologis kejadiannya.  Agus juga mengaku sebelum bus tersebut berangkat, sudah dilakukan pengecekan.

“Berdasar laporan, bus tersebut  sudah dilakukan KIR, dan bus layak jalan,” terang Agus. 

Sedangkan sanksi yang nantinya akan diberikan menurut Agus masih menunggu laporan lengkap terkait kronologisnya sebelum menjatuhkan sanksi. 

“Kita tunggu dulu  laporan lengkapnya. Baru kami bisa memutuskan,” pungkasnya. (BJ24)