Home Ekbis Keberadaan Sumber Energi Alternatif Perlu Dikembangkan

Keberadaan Sumber Energi Alternatif Perlu Dikembangkan

Salah satu sumber energi alternatif yang perlu dikembangkan
Salah satu sumber energi alternatif yang perlu dikembangkan
Salah satu sumber energi alternatif yang perlu dikembangkan

Semarang, 19/2 (BeritaJateng.net) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah menilai keberadaan sumber energi alternatif harus dikembangkan seiring dengan kebutuhan akan energi yang terus meningkat.

“Saat ini jumlah industri di Jawa Tengah semakin banyak, dengan demikian kebutuhan energi juga terus meningkat,” kata Kepala Disperindag Jateng Prijo Anggoro di Semarang, Kamis.

Menurut data Disperindag Jateng, sampai dengan 2014, jumlah industri di Jateng sebanyak 867 industri besar dan 423.124 industri kecil dan menengah.

Oleh karena itu, diperlukan pasokan energi yang cukup besar. Selama ini, sebagian besar industri di Jateng masih menggunakan listrik sebagai sumber energi.

Padahal, penggunaan listrik sendiri menimbulkan potensi pencemaran karena menghasilkan limbah atau emisi dalam jumlah besar yang penanganannya sejauh ini kurang memadai.

“Jika dibiarkan maka kondisi ini akan sangat berbaya bagi lingkungan, dalam hal ini peran Pemerintah dan pengusaha sangat diperlukan, salah satunya untuk meminimalisasi adanya pencemaran tersebut,” katanya.

Menurutnya, untuk terus mendukung upaya-upaya pelaksanaan penerapan konservasi energi demi mewujudkan terciptanya kawasan industri hijau, Disperindag Jateng akan terus mensosialisasikan kepada pelaku industri terkait kawasan industri hijau.

“Dalam hal ini industri ramah lingkungan sangat penting keberadaannya, harapan kami pengusaha memiliki sikap kooperatif mengenai kondisi ini,” katanya.

Untuk meningkatkan pemahaman terkait konservasi energi demi mewujudkan industri hijau maka Disperindag Jateng merasa perlu memberikan sosialisasi terkait industri yang ramah lingkungan.

“Salah satu yang harus dilakukan oleh industri yaitu melakukan penghematan energi dan terus mengembangkan sumber-sumber energi alternatif,” katanya. (ant/BJ)