Home Lintas Jateng Keberadaan 16 WNI yang Hilang di Turki Mulai Terungkap

Keberadaan 16 WNI yang Hilang di Turki Mulai Terungkap

Arif Muhammad, Kakak WNI hilang di Turki

SOLO, 12/3 (BeritaJateng.net) – Keluarga dari 16 orang warga negara Indonesia (WNI) yang dikabarkan hilang di Turki mulai diketahui keberadaannya. Dimana dari 16 orang tersebut empat diantaranya adalah warga asal Solo Jawa Tengah yaitu Hafid Umar Babher beserta istrinya Soraiyah serta ketiga anaknya yakni Hamzah Hafid, Ustman Hafid dan Atikah Hafid. Juga kakak kandung Hafid yaitu Fauzi Umar.

Juru bicara keluarga yang juga konsltan dari Badan Konsultasi Bantuan Hukum (BKBH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Budi Kuswanto mengaku bahwa pihak keluarga merasa sangat lega dan bersyukur bahwa mereka ditemukan dalam keadaan sehat dan selamat.

“Tentu saja lega. Kabarnya mereka saat ini sedang diamankan oleh kepolisian Turki terkait masalah administrasi,” jelasnya Kamis (12/3/2015).

Budi mengaku bahwa pihaknya sudah menerima kabar mengenai penangkapan terhadap 16 WNI tersebut. Mereka (16 WNI) ditangkap oleh kepolisian karena kesalahan adminitrasi mengenai izin tinggal.

“Dan saat ini mereka masih harus menyelesaikan permasalahan dengan pihak Kepolisian Turki,” lanjut Budi.

Dari pihak keluarga ungkap Budi, sangat berharap bahwa Pemerintah segera membantu menyelesaikan masalah 16 WNI yamg diamankan oleh kepolisian Turki. Bahwa pemerintah segera melakukan upaya pembebasan WNI tersebut agar segara pulang kembali ke Indonesia.

“Rencananya nanti sore pihak keluarga akan menggelar jumpa pers untuk menjelaskan secara jelas dan rinci tentang keberadaan enam orang saudaran mereka yang sekarang masih di Turki,” kata Budi.

Sebelumnya kabar tentang hilangnya 16 WNI yang diduga hilang di Turki sempat menggegerkan tanah air. Pasalnya mereka hilang saat melakukan tour wisata ke Turki. Sedangkan pihak dari pihak penyelenggara tour tidak bisa menemukan dimana keberadaan mereka saat itu. (BJ24).