Home Headline Kasus Kadin Kejati Jatim Tetapkan Dua Tersangka

Kasus Kadin Kejati Jatim Tetapkan Dua Tersangka

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Surabaya, 17/2 (BeritaJateng.net) – Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menetapkan dua tersangka dalam kasus dana hibah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim senilai Rp20 miliar.

Kepala Kejati Jatim Elvis Johny, Selasa mengatakan, dua orang dalam kasus Kadin Jatim ini masing-masing berinisial DKP dan NS.

“Keduanya merupakan pengurus di Kadin, dan salah satunya adalah pegawai negeri sipil di Balitbang Provinsi. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu dilakukan penggeledahan di Balitbang untuk mencari barang bukti tambahan terkait dengan dana hibah ini,” katanya, dalam temu wartawan di Surabaya.

Ia mengatakan, penanganan kasus dana hibah Kadin ini merupakan tambahan kasus dari total delapan kasus yang saat ini sedang ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

“Untuk dua orang tersangka ini masih dalam proses dan kedepan akan terus ditingkatkan. Namun, untuk sementara dua orang inilah yang dianggap bertanggung jawab terkait dengan kasus ini,” ucapnya, menegaskan.

Ia mengakui, masing-masing peran dari kedua orang tersangka ini belum bisa dibuka karena masih belum waktunya, dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Dalam kasus ini, Kadin menerima hibah dalam periode tahun 2012 sampai dengan tahun 2013 sebanyak kurang lebih Rp20 miliar. Akan tetapi, kami masih belum menghitung berapa kerugian negara dalam kasus ini. Ini yang sedang kami dalami dan kami yakin ada penyimpangan dalam pemberian dana hibah tersebut,” tuturnya. (ant/BJ)

Advertisements