Home Headline Kasus DB di Jepara Menurun

Kasus DB di Jepara Menurun

????????????????Jepara,24/02(Beritajateng.net) – Meskipun sejak Januari hingga pertengahan Februari lalu jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Jepara mengalami pelonjakan yang cukup tinggi. Memasuki akhir Februari ini diyakini telah mengalami penurunan. Jika Sebelumnya mencapai angka 485 kasus, saat ini diyakini sudah dibawah angka 100 penderita.

“Kemarin memang sempat terus bertambah setiap harinya. Tapi, pekan ini sudah menurun. Angka pastinya belum kami dapatkan karena masih dalam proses rekap,” ujar Karsono Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit.

Menurutnya, penurunan jumlah penderita DB tersebut terjadi karena cuaca beberapa hari terakhir ini yang sudah membaik dengan ditandainya intensitas hujan yang sudah menurun. Selain itu, juga beberapa pasien DBD di sejumlah rumah sakit baik swasta maupun negeri dan puskesmas sudah menurun.

“Biasanya, pasien DB yang dirawat di puskesmas hanya rawat inap dua atau tiga hari saja,” katanya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, proses rekap untuk jumlah penderita penyakit DB dilakukan setiap pekan. Sehingga saat dilakukannya perekapan jumlah pasien dapat dipastikan mendekati valid meskipun sifatnya adalah perkiraan.

Dia juga mengatakan, sampai saat ini banyaknya kasus DB tidak memakan korban jiwa.

“Hingga saat ini, kasus DBD di Jepara tidak memakan korban jiwa,” pungkas Karsono. (BJ18)