Home Headline ‘Kartu Semarang Hebat’ Kartu Multifungsi Cashless Untuk Cegah Pungli

‘Kartu Semarang Hebat’ Kartu Multifungsi Cashless Untuk Cegah Pungli

Waikota dan wakil walikota Semarang meluncurkan Kartu Semarang Hebat.
Semarang, 18/2 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang meluncurkan Kartu Semarang Hebat yang merupakan kartu multifungsi untuk mendukung komitmen membudayakan “cashless” (transaksi nontunai) dan mencegah pungutan liar (pungli).
“Kalau ini (Kartu Semarang Hebat, red.) berhasil akan jadi sebuah aktivitas pertama di Indonesia dan Semarang akan menjadi pionir karena ini `single card`,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Jumat.
Peluncuran kartu serbaguna itu dilakukan bertepatan dengan peringatan satu tahun kepemimpinan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti yang berlangsung di balai kota setempat.
Hendi, sapaan akrab orang nomor satu di Semarang itu mengatakan selama ini masyarakat dihadapkan pada banyak kartu yang akhirnya memenuhi dompet, tetapi dengan model “single card” semua keperluan bisa tercakup dalam satu kartu.
Walikota dan wakil walikota Semarang menyerahkan Kartu Semarang Hebat pada kaum Difabel.
Walikota dan wakil walikota Semarang menyerahkan Kartu Semarang Hebat pada kaum Difabel.
“Hari ini, kami dengan BNI dan Bank Jateng bekerja sama menyuguhkan `single card` yang dinamai Kartu Semarang Hebat. Bisa buat transaksi, transfer, terima bantuan tunai, bayar parkir, tol, dan banyak aktivitas lain,” katanya.
Dengan menggunakan Kartu Semarang Hebat, kata dia, masyarakat juga akan semakin terbiasa untuk tidak melakukan transaksi tunai, melainkan “cashless”, sekaligus bisa mencegah pungli karena bisa juga untuk membayar retribusi.
“Kartu ini juga berfungsi sebagai upaya pencegahan pungli. Jadi, nantiya kalau sudah berjalan ketika ada penarikan retribusi, misalnya yang tidak menggunakan Kartu Semarang Hebat maka bisa langsung dilaporkan,” ungkapnya.
Pada peluncuran Kartu Semarang Hebat itu, dilakukan pula penyerahan kartu multifungsi tersebut kepada perwakilan berbagai elemen masyarakat, seperti warga Rumah Susun Karangroto, warga rumah tidak layak huni, pedagang, dan pelajar.
“Insya Allah Kartu Semarang Hebat akan jadi kartu kebanggaan dan identitas warga Semarang,” kata Hendi, sembari menjelaskan pelajar juga bisa menggunakannya untuk membeli tiket Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang dan tabungan.
Sementara itu, Direktur Bisnis Bank Jateng Pujiono mengatakan kerja sama dengan Pemkot Semarang itu merupakan bukti sumbangsih untuk semakin menyejahterakan masyarakat Kota Semarang, sekaligus dukungan membentuk “cashless society”. (El)
Advertisements

1 COMMENT

  1. Program yang bagus untuk menjadikan kota semarang yang lebih maju dan modern.
    dan apakah berlaku bagi warga yang BORO / KK bukan warga semarang namun berdomisili di semarang.
    Jika warga tidak KK semarang, bagaimana cara agar bisa mendapatkan Kartu Semarang Hebat ?
    Terima kasih, mohon penjelasannya

Comments are closed.