Home Lintas Jateng Karimunjawa Penerima ADD Tertinggi di Jepara

Karimunjawa Penerima ADD Tertinggi di Jepara

Karimunjawa

Jepara, 9/3 (Beritajateng.net) – Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa, penerima alokasi Dana Desa (ADD) tertinggi di Kota Ukir. Alokasi yang bakal diterima, yaitu Rp 889,800 juta. Sementara desa terendah penerima ADD adalah Desa Bulak Baru Kecamatan Kedung, yaitu Rp 400,300 juta.

Bupati Jepara Ahmad Marzuki mengatakan, tahun 2014 lalu, jumlah ADD Jepara sebanyak Rp. 21,5 milyar, sedangkan tahun ini jumlah ADD yang dialokasikan untuk 184 desa meningkat menjadi Rp. 97,6 miliar. Sedangkan untuk dana desa yang bersumber dari APBN sebesar Rp. 25,1 miliar.

“ADD dan dana desa tidak dibagi rata, melainkan dengan komposisi 80 persen dari ADD dan dana desa dibagi rata. Perhitungannya, untuk ADD masing-masing desa Rp. 318,353 juta per desa dan untuk dana desa Rp. 81,881 juta per desa,” papar Marzuki.

Marzuki menambahkan, sisa ADD maupun dana desa 40 persen dibagi secara proporsional dengan mempertimbangkan luas wilayah, penduduk miskin hingga tingkat esulitas geografis.

“Sedangkan sisa ADD maupun dana desa, 40 persen dibagi secara proposional dengan mempertimbangkan luas wilayah, jumlah penduduk miskin hingga kondisi geografis,” tandas Marzuki. 

Sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014 tetang desa, Marzuki melanjutkan, desa diberikan ruang seluas-luasnya untuk mengembangkan potensinya. Diharapkan, perencanana partisipatif akan lebih berkelanjutan.

Itu lantaran masyarakat dapat langsung merealisasikan beberapa kebutuhan yang tertuang dalam dokument perencanaan di desanya.

“Dengan adanya alokasi dana desa ini, diharapkan pelaksanaan pembangunan di desa menjadi maksimal karena realistis, dikerjakan sendiri, dan mendapat dukungan swadaya masyarakat,” pungkas Marzuki.(BJ18)