Home Kesehatan Karanganyar Galakan Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS

Karanganyar Galakan Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS

Wakil bupati Karanganyar Rohadi Widodo kampanyekan pencegahan HIV/AIDS.

Karanganyar, 19/8 (BeritaJateng.net) – Mencegah penyebaran HIV/ AIDS, Pemerintah Kabupaten Karanganyar segera lakukan tindakan untuk memetakan lokasi yang dikhawatirkan menjadi lokasi penyebaran virus mematikan tersebut.

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo bahkan sudah meminta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbubpar) untuk melakukan pemetaan lokasi (mapping) yang ada disejumlah lokasi wisata. Khususnya hotel dab vila seperti Tawangmangu dan serkitarnya.

Setidaknya data yang dimiliki Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Karanganyar, hampir di 17 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar berpotensi penyebaran virus tersebut

“Karenanya perlu peran warga Peduli AIDS (WPA) untuk turut menanggulanginya,” ungkap Rohadi di Karanganyar Jawa Tengah, Jumat (19/8/2016).

Selain itu peran serta baik pemerintah maupun sukarelawan diharapkan aktif mengkampanyekan bahaya HIV/AIDS dan turun ke masyarakat yang rentan terjadi penularab HIV AIDS.

Perda no N0. 22/2015 tentang Pencegahan HIV/AIDS, sudah dibuat dan pihaknya meminta seluruh stake holder ikut berperan mencegah penularan penyakit mematikan itu.

Keperdulian Pemkab Karanganyar sendiri salah satunya diwujudkan dengan membentuk Warga Peduli AIDS (WPA) bahkan ada penetapan melalui SK dari Kabupaten Karanganyar.

“Hampir 80 persen desa di Karanganyar sudah memiliki WPA (Warga Peduli AIDS) yang sudah ditetapkan SK,” lanjut Rohadi.

Penderita HIV/AIDS di Karanganyar makin meningkat tiap tahunnya. Selama kurun waktu hingga 2015 jumlahnya mencapai 327 orang. Penanganan pasien terinveksi HIV selain di wilayah Karanganyar sendiri juga ada yang melakukan pengobatan di wilayah lain seperti Solo. (Bj24)

Advertisements