Home Kesehatan Karanganyar Bebas Vaksin Palsu

Karanganyar Bebas Vaksin Palsu

Karanganyar, 3/7 (BeritaJateng.net) – Menangapi kasus maraknya peredaran vaksin palsu yang terungkap, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar memastikan tidak ada vaksin palsu di Karanganyar.

Bupati Karanganyar Juliyatmono sudah meminta Dinas Kesehatan, Rumah Sakit juga Puskemas untuk lebih hati-hati dan teliti memantau peredaran vaksin palsu agar jangan sampai masuk Karanganyar.

“Hasilnya sejauh ini belum ada informasi atau laporan yang masuk terkait vaksin palsu. Semoga jangan masuk sini,” ucap Juliyatmono kepadaberitajateng.net, Minggu (3/7/2016).

Jangan sampai masalah vaksin palsu merebak dan membuat masyarakat cemas dan membuat masyarakat takut memberikan vaksin pada anaknya. Padahal menurut Juliyamono vaksin itu sangat diperlukan bagi balita.

“Kita minta Dinas Kesehatan harus lebih sering mensosialisasikan pada masyarakat,” tegas Juliyatmono.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Cucuk Heru Kusumo memastikan jika vaksin yang ada di Karanganyar resmi dan  langsung dari pemerintah pusat. Sehingga sudah memenuhi standart yang ditentukan.

Cucuk mengaku pihaknya sudah melakukan pengecekan persediaan vaksin di gudang, hasilnya tidak ada vaksin palsu. Semua aman digunakan.

Vaksin dari pemerintah yang telah mendapat rekomendasi Kementerian Kesehatan terang Cucuk kemasannya masih disegel. Pada ampul vaksinnya ada label yang berisi informasi terkait vaksinnya. Juga berisi keterangan kode produksi dan masa kedaluwarsa.

“Kami jamin vaksin yang digunakan aman. Masyarakat kami minta  untuk tetap tenang dan tidak perlu khawatir,” pungkas Cucuk. (Bj24)